DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 14:53 WIB

Polisi Usut Dugaan Penyelewengan Anggaran di PDAM Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Polisi Usut Dugaan Penyelewengan Anggaran di PDAM Pekalongan Logo PDAM (Foto: istimewa)
Kabupaten Pekalongan - Polres Pekalongan tengah mengusut dugaan tindak korupsi yang terjadi di PDAM Kabupaten Pekalongan, terkait perluasan jaringan di dua lokasi yang berbeda. Kasus tersebut merupakan limpahan dari Dirreskrimsus Polda Jateng.

Kasatreskrim Polres Pekalongan, AKP Agung Ariyanto, pada detikcom saat ditemui di Mapolres Pekalongan, membenarkan informasi tersebut. "Kita masih tangani atas pengaduan mengenai dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan PDAM Kabupaten Pekalongan. Itu pelimpahan dari Polda," kata Agung, Senin (22/1/2018).

Menurut Agung, pengerjaan perluasan jaringan di Perumahan Griya Pewayangan di Kecamatan Kedungwuni dan perluasan jaringan di Perumahan Mekar Agung di Kebonagung, Kecamatan Kajen, seharusnya telah selesai dilakukan tahun 2017 lalu.

"Jadi pemasangan jaringan ada dugaan investor itu uangnya tidak disetorkan ke kas (kantor) PDAM. Namun informasi itu akan kami klarifikasi lebih lanjut. Nilainya ada Rp 130 juta," papar Agung.

Terkait dengan hal itu, pihaknya telah melakukan pemeriksaan pada karyawan PDAM maupun pengembang.

"Untuk sementara kita melakukan klarifikasi dengan memanggil saksi-saksi terkait. Selanjutnya perkembangan akan akami laporkan lebih lanjut karena kita masih penyelidikan," lanjutnya.

Terkait angka kerugian, Polres hingga kini belum bisa memastikan. Pihaknya akan meminta dari audit dari BPK atau dari BPKP.

Sementara itu Direktur PDAM Kabupaten Pekalongan, Imam Sulistio, hingga berita ini dilaporkan belum bisa dimintai tanggapannya. Telepon selulernya tidak bisa dihubungi saat wartawan berusaha meminta konfirmasi.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed