DetikNews
Kamis 18 Januari 2018, 16:19 WIB

Menengok Pembuatan Biola dari Bahan Bambu di Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Menengok Pembuatan Biola dari Bahan Bambu di Kudus Biola dari bahan bambu (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Biola biasanya dibuat dari bahan kayu spruce atau cemara. Namun seorang warga Kudus menciptakan biola dari bahan bau bambu kualitas prima. Hasilnya, bisa dijadikan untuk menambah keragaman koleksi.

Ngatmin, warga Desa Japan RT 4 RW 3, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, punya kreasi menarik dengan membuat biola bahan bambu yang mudah ditemui di sekitar tempat tinggalnya. Bambu yang dipakai dari jenis petung untuk sopran, dan bahan bambu wulung untuk tenor.

Untuk bahan bambu yang dipakai juga tidak langsung bambu yang baru ditebang. Tapi bambu yang telah dijemur di bawah sinar matahari sekitar 6 bulan pascapenebangan. Tujuannya biar kualitas biola jadi lebih kuat.

Menengok Pembuatan Biola dari Bahan Bambu di KudusFoto: Akrom Hazami/detikcom


Ngatmin mengatakan di Indonesia, hanya ada dua pembuat biola bahan bambu. Selain dia, ada pengrajin lain di Jawa Barat.

"Sudah ratusan biola yang saya produksi. Tidak kalah kualitasnya dengan biola umumnya. Saya pernah ikut mengiringi penampilan Iwan Fals saat manggung di salah satu lokasi di Jakarta," bebernya sambil memperlihatkan foto penampilannya memainkan biola di panggung bersama Iwan Fals.

Menengok Pembuatan Biola dari Bahan Bambu di KudusFoto: Akrom Hazami/detikcom


Ngatmin mengaku hingga saat ini sudah banyak pemesan biola buatannya. Selain pemesan dari sekitar daerahnya, banyak juga pemesan dari luar Jawa, di antaranya dari Kalimantan, dan Batam. Selama ini dia menjualnya di pasar online.


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed