DetikNews
Senin 15 Januari 2018, 16:49 WIB

Jogja Air Show 2018 Kembali Digelar di Pantai Selatan Bantul

Ristu Hanafi - detikNews
Jogja Air Show 2018 Kembali Digelar di Pantai Selatan Bantul Foto: Ristu Hanafi/detikcom
sleman - Ajang Jogja Air Show bakal kembali digelar tahun ini di kawasan pantai selatan Kabupaten Bantul. Mengambil tema Jogja Air Show Pelangi Nusantara 2018, penyelenggara akan menyuguhkan atraksi dirgantara yang digadang-gadang bakal memecahkan rekor nasional.

"Sekitar 50 paramotor akan terbang bersama, memecahkan rekor nasional yang sebelumnya ada rekor 44 paramotor di Ngawi," kata Komandan Lanud TNI AU Adisutjipto, Marsma TNI Novyan Samyoga, saat jumpa pers di Media Center Lanud Adisutjipto, Sleman, Senin (15/1/2018).

Jogja Air Show Pelangi Nusantara 2018 dijadwalkan digelar 17-18 Februari 2018, kerjasama antara Lanud Adisutjipto, Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) DIY, dan Dinas Pariwisata DIY.

Kegiatan yang disuguhkan di antaranya paralayang dan gantole di kawasan Pantai Parangtritis dan Watu Gupit, paramotor di Pantai Parangkusumo, serta microlight, trike, dan terjun payung di Laguna Depok. Puncak kegiatan berlangsung di kawasan air strip Pantai Depok.

Untuk rincian kegiatan yakni Dynamic Show meliputi Jupiter Aerobatic Team, Dynamic Pegassus, Solo Aerobatic pesawat Pitts 2C, Cross Country Flight Microlight, Cross Country Paramotor, terjun payung, dan aeromodeling.

Ada juga perlombaan paralayang, gantole, aeromodeling, dan fotografi. Sedangkan kegiatan khusus yakni pemecahan rekor nasional '50 Paramotor', terbang bersama paramotor/paralayang, dan penerbangan chuck glider. Selain itu juga akan ditampilkan pentas seni.

"Tahun ini Jogja Air Show merupakan gelaran ke-13 rutin tiap tahun, ini menjadi potensi wisata bagi Yogyakarta sekaligus upaya meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap dunia kedirgantaraan. Lanud Adisutjipto sangat mendukung," jelas Samyoga.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanto menambahkan, dalam Jogja Air Show Pelangi Nusantara 2018 peserta yang hadir dari belasan provinsi se-Indonesia. Ditargetkan jumlah pengunjung 50 ribu orang.

"Tahun kemarin dari target 42 ribu realisasinya mencapai 52 ribu pengunjung. Tahun ini kita pasang target 50 ribu orang," jelasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed