DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 09:37 WIB

Head to Head Petahana Bupati dan Wakil Bupati di Pilbup Magelang

Pertiwi - detikNews
Head to Head Petahana Bupati dan Wakil Bupati di Pilbup Magelang Ilustrasi. Foto: Zaki Alfarabi
Magelang - KPU Kabupaten Magelang resmi menutup tahapan pendaftaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Rabu (10/1/2018). Hingga pukul 24.00 WIB, ada dua pasangan bakal calon yang menyerahkan berkas pendaftaran.

Mereka adalah pasangan Zaenal Arifin-Edi Cahyono dan M Zaenal Arifin-Rohadi Pratoto. Zaenal dan M Zaenal merupakan petahana Bupati dan Wakil Bupati Magelang.

Kedua pasangan tersebut sama-sama menyerahkan berkas pendaftaran di hari terakhir dengan diantar para pendukung masing-masing. Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU, berkas keduanya dinyatakan lengkap dan diterima.

"Hingga waktu pendaftaran ditutup, tidak ada pasangan bakal calon yang mendaftar lagi. Hanya dua pasangan itu," jelas Komisioner KPU Kabupaten Magelang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi, Dwi Endis M saat dihubungi detikcom, Kamis (11/1/2018).

Menurut Endis, usai tahapan pendaftaran, para bakal calon akan mengikuti tahap pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Moewardi Surakarta.

"Hari ini, tanggal 11-13 Januari, bapaslon akan menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika di RSUD dr Moewardi Surakarta," terang Endis.

Zaenal Arifin dan M Zaenal Arifin merupakan petahana Bupati dan Wakil Bupati Magelang periode 2014-2019. Keduanya harus bersaing head to head pada Pilbup Magelang karena memutuskan maju kembali dengan diusung koalisi partai berbeda.

Zaenal Arifin berpasangan dengan Edi Cahyono diusung koalisi partai PDI Perjuangan, PKB, PAN, PPP, Demokrat. Sementara M Zaenal Arifin-Rohadi Pratoto maju diusung koalisi partai Gerindra, PKS, dan Golkar.

Sebelumnya, M Zaenal Arifin yang juga kader PKB sempat mendaftar sebagai bakal calon Bupati Magelang melalui PKB. Namun demikian, rekomendasi turun kepada Edi Cahyono yang kini menjabat bendahara Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed