DetikNews
Selasa 09 Januari 2018, 17:43 WIB

Paspor Jemaah Hannien Tour Mulai Dikembalikan ke Pemiliknya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Paspor Jemaah Hannien Tour Mulai Dikembalikan ke Pemiliknya Penyerahan paspor di Polresta Surakarta (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Polresta Surakarta mulai mengembalikan paspor milik jemaah yang menjadi korban dugaan penipuan biro perjalanan, umrah dan haji PT Utsmaniyah Hannien Tour. Hingga hari ini, sebanyak 19 paspor telah dikembalikan kepada pemiliknya.

Belasan orang korban Hannien Tour hari ini terlihat mendatangi kantor Satreskrim Polresta Surakarta untuk mengambil paspor. Mereka diminta mengisi formulir dan menunjukkan identitas yang sesuai dengan paspor.

Wakapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai, mengatakan jemaah tersebut merupakan pendaftar umrah di Hannien Tour cabang Solo. Paspor dikembalikan agar dapat digunakan pemiliknya.

"Kami harapkan masyarakat yang belum mengambil segera menghubungi Polresta Surakarta agar paspor bisa dimanfaatkan untuk hal lain," kata Andy di Mapolresta Surakarta, Selasa (9/1/2018).

Pemilik diwajibkan datang sendiri mengambil paspornya. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalkan penyalahgunaan paspor oleh orang lain.

"Kita harapkan langsung orangnya. Kalau orangnya tidak di sini nanti harus ada surat kuasa yang bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Salah satu korban, Arifin, menceritakan dirinya bersama tiga orang keluarganya menjadi korban Hannien Tour. Jadwal umrahnya berkali-kali ditunda keberangkatannya dengan alasan yang tidak jelas.

Arifin memilih Hannien Tour berdasarkan rekomendasi dari teman yang pernah umrah menggunakan jasa Hannien Tour. Dia mengaku telah membayarkan uang Rp 18,5 juta untuk umrah.

"Saya berharap uang kembali untuk umrah lagi, tapi nunggu uang kembali dulu. Ini paspornya saya ambil dulu karena ada keluarga yang akan berangkat haji," ujarnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed