DetikNews
Jumat 05 Januari 2018, 12:56 WIB

Aset Rumah dan Mobil Hannien Tour Dipastikan Hangus

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Aset Rumah dan Mobil Hannien Tour Dipastikan Hangus Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
solo - Polresta Surakarta terus menelusuri aliran dana dan aset yang dimiliki biro perjalanan, umrah dan haji PT Utsmaniyah Hannien Tour. Dari penelusuran sementara, sejumlah aset dipastikan tak terselamatkan. Empat orang telah menjadi tersangka kasus penipuan tersebut.

Aset tersebut, antara lain empat rumah yang dipesan dengan uang muka Rp 100 juta per rumah. Kemudian satu rumah lainnya yang sudah sempat dicicil beberapa kali.

"Rumah itu hanya bayar bookingnya maupun hanya dicicil beberapa kali. Karena nunggak, rumah disita bank, lalu ditake over ke orang lain. Memang SOP-nya seperti itu, jadi tidak bisa kita sita," kata Kasatreskrim Polresta Surakarta, Kompol Agus Puryadi di Mapolresta Surakarta, Jumat (5/1/2018).

Selain itu, enam unit mobil juga tidak dapat terselamatkan. Persis seperti rumah yang mereka beli, mobil ini juga hanya dibayar uang mukanya.

"Ada lagi enam mobil, yaitu empat Xenia, satu Daihatsu Ayla dan satu Terios. Jadi kredit hanya dibayar uang mukanya, dan sekarang sudah ditarik leasing," ujarnya.

Adapun saat ini polisi sudah membekuk empat orang tersangka. Mereka adalah Farid Rosyidin sebagai direktur utama dan Avianto sebagai direktur keuangan yang ditangkap di Bogor, Desember 2017 lalu.

Dua tersangka lain, Arif sebagai direktur operasional dan Ilham sebagai direktur teknik, ditangkap di Bogor, Kamis (4/1) kemarin. Mereka baru tiba di Mapolresta Surakarta siang ini.

Polisi juga menyita sebuah motor merek Ducati milik Farid. Sedangkan dari kantor, polisi menyita dua unit PC, 150 buah paspor, baju ihram, dokumen-dokumen dan rekening koran. Namun belum seluruhnya dibawa ke Solo.

"Belum bisa dibawa semuanya, tapi sudah kita segel. Itu kalau dua kontainer ada, termasuk peralatan-peralatan kantornya," tutupnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed