DetikNews
Senin 01 Januari 2018, 00:52 WIB

Bawa Pesan Damai, Ribuan Lampion Diterbangkan di Candi Borobudur

Wikha Setiawan - detikNews
Bawa Pesan Damai, Ribuan Lampion Diterbangkan di Candi Borobudur Foto: Wikha Setiawan/detikcom
magelang - Ribuan pengunjung Borobudur Nite 2017 berkumpul di area Aksobya Komplek Candi Borobudur menerbangkan lampion. Lampion tersebut diterbangkan bersama-sama untuk menandai pergantian tahun 2017 ke tahun 2018.

Tiap pengunjung telah mendapat satu lampion dari panitia. Sedikitnya ada 2.500 lampion yang diterbangkan.

Dengan latar Candi Borobudur, satu per satu peserta menerbangkan lampion. Ribuan lampion itu sebagai pesan damai dari Candi Borobudur di malam tahun baru. Sebelum diterbangkan dimulai dengan doa dan harapan oleh lima pemuka agama.

"Saya senang sekali bisa menyaksikan pergantian malam tahun baru di sini. Sebentar lagi akan menerbangkan lampion," kata Syifa, seorang pengunjung asal Banjarnegara, Minggu (31/12/2017)
Peserta Borobudur Nite 2017Peserta Borobudur Nite 2017 Foto: Wikha Setiawan/detikcom

Menurutnya, perayaan pergantian malam tahun baru di Candi Borobudur sangat spesial.

"Suasana sangat kondusif dan menyenangkan. Ramai tapi tidak berisik. Bisa menikmati dengan nyaman. Bahkan doa dan harapan diucapkan oleh lima pemuka agama. Malam ini terasa begitu damai," paparnya.

Sementara Direktur Utama Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Edy Setijono menuturkan bahwa serangkaian perayaan tahun baru terangkum dalam "Borobudur Culture Festival 2017". Sedangkan puncaknya adalah "Borobudur Nite 2017 Amazingly Wonderful".

"Ada suguhan musik Andien, dan Kevin and The Redrose, dan dipuncak ada penerbangan 2500 lampion. Candi Borobudur punya nilai sejarah, budaya, dan seni sehingga malam pergantian tahun baru bisa menjadi momen kebersamaan," tandasnya.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed