DetikNews
Kamis 28 Desember 2017, 18:33 WIB

Ada 34 Kasus Bunuh Diri di Gunungkidul, Gantung Diri yang Terbanyak

Usman Hadi - detikNews
Ada 34 Kasus Bunuh Diri di Gunungkidul, Gantung Diri yang Terbanyak Jumpa pers akhir tahun di Polres Gunungkidul. Foto: Usman Hadi/detikcom
Gunungkidul - Tercatat ada 34 kasus bunuh diri di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama tahun 2017. Kasus gantung diri menjadi yang terbanyak.

"Tahun ini ada 34 kasus bunuh diri, meningkat dibandingkan tahun 2016 lalu yakni 33 kasus," kata Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuadi kepada wartawan di Mapolres, Kamis (28/12/2017).

Mayoritas kasus bunuh diri di Gunungkidul, kata Ahmad, didominasi kasus gantung diri dengan 29 kasus. Kemudian percobaan bunuh diri 4 kasus dan orang bunuh diri dengan masuk ke dalam sumur 1 kasus.

Menurutnya, untuk mengatasi persoalan ini pihaknya akan menggandeng Pemkab Gunungkidul. Pihaknya juga akan mengoptimalkan peran bhabinkamtibmas untuk memberikan pendampingan ke masyarakat di desa-desa.

"Kami juga mengharapkan peran aktif masyarakat dalam melaporkan potensi bunuh diri. Karena bisa dilakukan pencegahan kasus bunuh diri, terutama untuk orang yang memiliki riwayat depresi harus ada perhatian," jelasnya.

Kasus percobaan bunuh diri terakhir di Gunungkidul terjadi pada Selasa (26/12). Seorang pemuda di Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul berniat mengakhiri hidupnya dengan cara menusuk dadanya dengan pisau dapur.

Remaja ini nekat mencoba bunuh diri karena diduga putus cinta. Beruntung percobaan bunuh ini diketahui nenek korban, sehingga nyawa korban berhasil diselamatkan. Sekarang korban masih dalam perawatan medis.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed