DetikNews
Kamis 28 Desember 2017, 10:19 WIB

Ini Imbauan Polisi untuk yang akan Habiskan Malam Tahun Baru di Dieng

Uje Hartono - detikNews
Ini Imbauan Polisi untuk yang akan Habiskan Malam Tahun Baru di Dieng Kawasan Penduduk di dataran tinggi Dieng. Foto: Uje Hartono
Wonosobo - Diperkirakan puncak kepadatan arus lalu lintas menuju Dieng akan terjadi pada malam tahun baru. Polisi mengimbau pengendara untuk memperhatikan beberapa hal terkait keselamatan selama dalam perjalanan.

"Kami ingatkan agar mengecek kendaraan jika tidak memungkinkan lebih baik menggunakan kendaraan umum," ujar Kasubsatgas Pengamanan Objek Wisata Dieng Iptu Suriyanto saat dihubungi detikcom, Rabu (28/12/2017).

Sebelumnya pada libur Natal kemarin, jalur Wonosobo-Dieng mengalami puncak kepadatan pada Sabtu (23/12).

Kemudian kepadatan kendaraan barangsur berkurang keesokan harinya. Namun demikian ia tetap menyiagakan mobil penarik mengingat banyak kendaraan yang tidak kuat saat menanjak. Jika dibiarkan akan membuat kemacetan di jalur wisata Wonosobo–Dieng.

Sementara saat ditanya soal peningkatan arus lalulintas, ia memprediksi akan terjadi pada malam pergantian tahun. Yakni pada hari Jumat hingga Minggu (29-31/12/2017).

"Kami memperkirakan akan kembali ada peningkatan volume kendaraan jelang perayaan tahun baru nanti," tuturnya.

Kasat Lantas Polres Banjarnegara AKP Supadi menambahkan pihaknya telah bersiaga menghadapi puncak arus kendaraan menuju Dieng.

"Meski banyak yang memilih lewat jalur Wonosobo– Dieng namun kami tetap siaga jika terjadi peningkatan volume kendaraan ke Dieng via Banjarnegara," ujarnya Kamis (28/12/2017).

Ia mengimbau kepada wisatawan yang akan menghabiskan malam pergantian tahun di Dieng untuk hati-hati mengingat banyak tanjakan curam. Salah satunya yakni dengan menyiapkan kendaraan yang benar-benar sehat.

"Banyak tanjakan yang ekstrem jadi kendaraan harus yang siap karena kalau sampai tidak kuat justru akan membuat macet," imbaunya.

Selain itu, dengan kondisi musim hujan seperti saat ini, pengendara juga harus hati-hati. Karena di dataran tinggi Dieng sering terjadi kabut tebal yang mengganggu jarak pandang pengendara.

"Kami sudah menyiapkan personel di Dieng untuk mengatur lalu lintas di sana. Sedangkan untuk jalan Banjarnegara–Dieng akan dibantu personel di tiap-tiap Polsek," terangnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed