Jika Ada Warung Nuthuk di Yogya, Sultan HB X: Kita Tindak!

Edzan Raharjo - detikNews
Kamis, 21 Des 2017 13:13 WIB
Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Danu Damarjati/detikcom
Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah mulai ramai didatangi oleh wiatawan. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan akan menindak serius warung atau lesehan yang menaikkan harga dengan tak wajar alias nuthuk.

"Warung-warung jangan mengambil manfaat lah dari kondisi yang ada. Nanti kita tindak betul, kita sudah sepakat sama Polri," kata Sultan HB X di kantor Gubernur DIY, Jalan Malioboro Yogyakarta, Kamis (21/12/2017).

Sultan berharap wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta benar-benar merasa aman dan nyaman. Wisatawan juga diharapkan untuk tertib berlalu lintas di Yogyakarta sehingga tidak terjadi kemacetan.

"Saya harap ini libur panjang Natal dan Tahun Baru, Mereka yang datang kesini agar tetap merasa aman dan nyaman dan disiplin tertib berlalu lintas, kalau nggak nanti di mana-mana macet," kata Sultan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta menyampaikan UPT Malioboro secara teknis memiliki personel di lapangan yang bisa mengawasi dan mecatat kemungkinan adanya warung atau lesehan yang nuthuk pembelinya.

Dia berharap pihak UPT mulai saat ini bisa mensosialisasikan atau mengumumkan agar tidak boleh melakukan hal-hal yang bisa merugikan atau membuat kecewa wisatawan atau pelanggan.

Tidak hanya kuliner tetapi parkir diharapkan juga tertib yang bisa berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan. Hotel diimbau untuk tidak parkir kendaraan bus di bahu jalan karena bisa mengganggu arus lalu lintas. (sip/sip)