DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 02:13 WIB

Gempa, Warga Cilacap Berhamburan Menjauh dari Pantai

Arbi Anugrah - detikNews
Gempa, Warga Cilacap Berhamburan Menjauh dari Pantai Foto: dok. Istimewa
Cilacap - Gempa bumi yang mengguncang wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, hingga Jawa Timur membuat sebagian warga Cilacap berhamburan keluar dari rumah. Bahkan saat ini banyak warga yang pergi menjauh dari pesisir pantai setelah mendengar informasi adanya peringatan dini tsunami.

Warga yang keluar dari rumah dengan membawa sepeda motor dan mobil memenuhi beberapa jalanan di sekitar Kota Cilacap. Mereka akan bergerak menjauh dari wilayah pantai.

"Banyak warga yang pergi menjauh dari pantai. Ini jalanan macet, semua pada mau keluar dari Kota Cilacap," kata Sukirno, warga Cilacap, saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/12/2017).

Menurut dia, banyak informasi yang menyebutkan akan terjadi tsunami karena air laut surut. Sebagian warga ada yang terus mencari kebenaran informasi itu.

Hingga saat ini banyak warga yang bingung akan adanya informasi yang simpang-siur mengenai adanya tsunami. Warga memilih menjauh dari pesisir dan mencari daerah yang lebih tinggi.

Dari informasi yang diterima melalui BPBD Cilacap, saat ini sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap mengalami mati lampu karena tiang listrik roboh. Selain itu, terdapat dua rumah ambruk rata dengan tanah di daerah Patimuan dan Maos serta dua kandang ayam ambruk.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto menghimbau warga tetap tenang dan tidak panik.

"Kami dari jajaran Polres mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik. Jangan sampai kepanikan ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.
(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed