DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 18:40 WIB

2 Pendaki Merapi yang Hilang Berhasil Dievakuasi, Begini Kondisinya

Ragil Ajiyanto - detikNews
2 Pendaki Merapi yang Hilang Berhasil Dievakuasi, Begini Kondisinya Suasana di basecamp Barameru Selo, Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Dua orang pendaki yang hilang di Gunung Merapi telah berhasil dievakuasi. Kondisi kedua pendaki tersebut sehat.

"Sucipto (35) sudah berhasil dievakuasi, saat ini berada di basecamp (Barameru) dan sedang istirahat.
Sudah dicek kesehatannya, kondisinya 95 persen sehat, mental fisik sehat," ujar SAR Mission Coordinator, Kurniawan Fajar Prasetyo, di basecamp Barameru Selo, Kamis (14/12/2017).

Kepala Resor Selo, Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Suwiknya menambahkan, pendaki lainnya yakni Zada Lubab (20) juga telah dievakuasi.

"(Zada) Kondisinya alhamdulillah baik, sehat juga," kata Suwiknya di lokasi yang sama.

Setelah berhasil dibawa turun, Zada selanjutnya akan dibawa ke RSUD Pandan Arang, Boyolali untuk pemeriksaan kesehatan.

Sucipto, salah seorang pendaki yang sempat hilang di Gunung Merapi.Sucipto, salah seorang pendaki yang sempat hilang di Gunung Merapi. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Dijelaskan, Zada ditemukan oleh tim SAR di sungai Woro di wilayah Kabupaten Klaten. Sehingga evakuasinya pun dilakukan melalui Klaten.

Sedangkan Sucipto, ditemukan di sisi selatan, di atas hulu sungai Gendol. Sucipto dievakuasi turun oleh tim SAR melalui jalur pendakian Selo. Sampai di bawah sekitar pukul 15.45 WIB, langsung dibawa ke basecamp Barameru. Sucipto pun langsung diperiksa kondisi kesehatannya oleh tim medis yang sudah menunggu di sana.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed