DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 09:25 WIB

Hingga Pagi Ini 2 Pendaki Yang Hilang di Merapi Belum Ditemukan

Ragil Ajiyanto - detikNews
Hingga Pagi Ini 2 Pendaki Yang Hilang di Merapi Belum Ditemukan Tim SAR di Basecamp Barameru. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Dua pendaki yang hilang di Gunung Merapi sampai pagi ini belum berhasil menemukan. Tim SAR dan relawan masih terus berupaya menyisir kawasan di sejumlah titik yang diduga posisi dua survivor berada.

"Belum (ketemu)," kata ketua SAR Barameru, Lahar, Kamis (14/12/2017) pagi ini.

Tentang upaya pencarian yang akan dilakukan pagi ini, Lahar belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut. Operasi pencarian dua pendaki tersebut akan dilakukan selama 7 hari ke depan terhitung sejak Rabu (13/12) kemarin.

"Keterangan lebih lanjut dijelaskan nanti ya mas, ini sedang koordinasi dengan teman-teman (Tim SAR)," katanya.

Dua pendaki yang hilang tersebut yakni Sucipto (35) asal Rempoah, Baturaden, Banyumas yang mendaki ke Merapi sendirian. Serta Muhammad Zada Lubab, asal Celembo, Lopak, Tuntang, Kabupaten Semarang. Zada mendaki bersama 10 orang, rombongan dari Pondok Pesantren Al-Ma'rufiyah, Magelang.

Mereka naik ke Merapi sejak Senin (11/12). Rombongan Zada bertemu dengan Sucipto di puncak Merapi.

Pada Selasa (12/12) pagi saat turun dari puncak menuju Pasar Bubrah, kedua orang pendaki itu terpisah dengan rombongan. Saat itu juga turun kabut cukup tebal.

Salah seorang teman Zada, Slamet menceritakan situasi terakhir saat mereka berpisah.

"Jarak pandang sekitar 10 meter sampai 15 meter," kata Slamet saat ditemui di basecamp Barameru, Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, kemarin.

Di tengah perjalanan dari puncak, kata Yahya, Zada meminta teman-temannya tersebut turun lebih dulu. Zada yang kabarnya mempunyai riwayat cedera di jempol kakinya, sehingga menghambat perjalanan.

"Kami diminta turun lebih dulu (oleh Zada), dan menunggu di Pasar Bubrah. Sedangkan Zada berdua bersama Sucipto," lanjut Yahya teman Zada yang lain.

Mereka pun menunggu di Pasar Bubrah. Namun sudah lebih dari dua jam, Zada dan Sucipto tak muncul-muncul juga di Pasar Bubrah.

Pada Selasa (12/12/2017) petang, petugas jaga Polsek Selo mendapatkan telepon dari Sucipto yang meminta tolong. Petugas pun segera berkoordinasi dengan basecamp Barameru dan dicek dokumennya, komplit. Selasa malam, sebanyak 2 SRU dari Barameru melakukan pencarian keatas namun belum membuahkan hasil. Operasi pencarian pun dibuka mulai Rabu pagi kemarin.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed