DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 18:15 WIB

Railbus Batara Kresna Solo Sementara akan Diganti KRDI Eks KA Arjuna

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Railbus Batara Kresna Solo Sementara akan Diganti KRDI Eks KA Arjuna Railbus Batara Kresna di Depo Lokomotif Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Railbus Batara Kresna akan memasuki masa perawatan pekan ini. Untuk sementara, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) eks KA Arjuna sebagai penggantinya.

Kepala Depo Lokomotif Solo, Budi Basuki, mengatakan Batara Kresna akan dirawat sekitar 4 hari. Namun saat ini pihaknya masih menunggu surat resmi dari PT INKA dan pihak terkait.

"Railbus sudah jatuh tempo untu masuk perawatan karena untuk menjaga kehandalan. Estimasi dirawat empat hari. Mulai kapannya kita koordinasikan dulu dengan PT INKA, perkiraannya pekan ini dimulai," kata Budi saat ditemui wartawan di Depo Lokomotif Solo, Selasa (12/12/2017).

Dia menjelaskan, kereta harus masuk ke depo ketika melewati masa waktu tertentu. Untuk perawatan mekanik dilakukan berdasarkan hitungan bulan. Sedangkan perawatan mesin dilakukan berdasarkan hitungan jam.

"Kalau railbus ini masuk perawatan mekanik, yaitu bulan ke-12. Kalau istilah untuk mobil itu di tune up. Ada pengukuran rangka bawah, roda, penggerak stang rem, dan sebagainya," ujar dia.

Armada penggantinya, yakni KRDI bernomor seri K3 3 09 17-20 memiliki empat rangkaian. Kapasitasnya berisi 365 penumpang. Sedangkan Batara Kresna yang terdiri tiga rangkaian hanya berkapasitas 76 penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto, memastikan jadwal kereta penghubung Stasiun Purwosari dengan Stasiun Wonogiri tetap berjalan seperti biasa. Kapasitas yang bertambah juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Operasional tetap seperti biasa. Karena kereta penggantinya memiliki kapasitas lebih banyak, tentu bisa kita tambah tiket sesuai permintaan," ujar Eko.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed