DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 13:07 WIB

BPOM DIY Temukan Makanan Mengandung Formalin di Pasar Bantul

Usman Hadi - detikNews
BPOM DIY Temukan Makanan Mengandung Formalin di Pasar Bantul Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DIY menemukan sejumlah kandungan zat berbahaya seperti Rhodamin B dan formalin di bahan makanan. Temuan ini didapatkan saat pemkab, TPID DIY dan BPOM DIY melakukan monitoring di Pasar Bantul.

"Rhodamin B di kerupuk sermier, kemudian patilo sama kerupuk singkong warna merah. Kalau formalinnya di mi basah, mi basahnya dari Magelang," kata Staf Seksi Pemeriksaan BPOM DIY, Sri Yuniati kepada wartawan di Pasar Bantul, Selasa (12/12/2017).

Menurutnya Rhodamin B adalah zat pewarna sintesis yang biasanya digunakan untuk industri tekstil. Sementara formalin adalah bahan pengawet dan bisanya digunakan untuk pembunuh kuman. Kedua zat ini bahaya bila dikonsumsi.

"Bahayanya kalau dikonsumsi secara terus menerus bisa menyebabkan kanker," ungkapnya.

Kabid Sarana Prasarana dan Distribusi Perdagangan, Dinas Perdagangan Bantul, Yus Warseno menambahkan, pihaknya berjanji akan menindaklanjuti temuan ini. Dinas Perdagangan, kata dia akan menyurati para pedagang.

"Kami mengimbau agar (pedagang) tidak menjual barang-barang seperti itu. Kalau tetap (menjual barang kandungan berbahaya) mereka bisa terkena sanksi dan sebagainya," jelasnya.

Selain itu pihaknya akan lebih mensosialisasikan ke para pedagang agar tidak menjual barang berbahaya. Karena masih banyak pedagang tidak mengetahui barang yang dijual berbahaya bagi kesehatan.

"Masyarakat kan biasa menggunakan barang seperti bleng (boraks). Kalau tidak disosialisasikan kan (masyarakat) tidak tahu," pungkas dia.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed