DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 15:46 WIB

Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah di Kulon Progo Kebanjiran Lagi

Ristu Hanafi - detikNews
Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah di Kulon Progo Kebanjiran Lagi Desa Krembangan Kulon Progo kembali terendam banjir. Foto: Dok Babinsa Panjatan, Koptu Toto Sutarto
Kulon Progo - Dua dusun di Kabupaten Kulon Progo, DIY kembali tergenang banjir. Kondisi ini akibat luapan Sungai Sen yang berada tak jauh dari wilayah ini.

"Kemarin dan tadi malam hujan deras, tanggul Sungai Sen ambrol, air sungai meluap. Yang paling terdampak Dusun I dan II Krembangan," kata Kepala Desa Krembangan, Samiran, ketika dihubungi detikcom, Senin (11/12/2017).

Kedua dusun ini berada di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo. Luapan air menerjang kawasan rumah milik ratusan kepala keluarga dan puluhan hektare areal persawahan.

Dijelaskannya, wilayah Krembangan sebelumnya sempat tergenang banjir akibat hujan deras dampak siklon tropis Cempaka, tiga pekan lalu. Hingga pekan kemarin, beberapa titik masih tergenang air.

"Setelah kejadian tiga pekan lalu itu, tanggul Sungai Sen sebetulnya sudah diperbaiki sementara oleh pemerintah kabupaten. Tapi kemarin dan tadi malam, hujan deras lagi, air meluap lewat tanggul sebelahnya yang ambrol. Posisi sungai memang lebih tinggi dari permukiman," jelasnya.

Banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Sen, Kulon Progo. Banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Sen, Kulon Progo. Foto: Dok Babinsa Panjatan, Koptu Toto Sutarto

Akibat kejadian tersebut, kata Samiran, sedikitnya rumah milik 800 kepala keluarga Dusun I dan II serta sekitar 90 hektare area persawahan kembali tergenang banjir. Samiran juga menerima laporan ratusan ternak sapi milik warga diungsikan.

"Tadi malam ada titik yang masih setinggi lutut orang dewasa, sekarang sudah mulai surut. Belum dilaporkan ada warga yang mengungsi, hanya ternak sapinya yang diungsikan," ujarnya.

Camat Panjatan, Sudarmanto menambahkan tim dari Pemkab Kulon Progo, BPBD, dan warga akan bekerja bakti memperbaiki tanggul sungai yang jebol besok. Dia berharap hujan dengan intensitas lebat tidak mengguyur wilayahnya selama proses perbaikan tanggul berlangsung.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed