Liburan Natal dan Tahun Baru

7 Gerbang Exit dan 30.000 e-Toll Disiapkan di Tol Pejagan-Pemalang

Imam Suripto - detikNews
Senin, 11 Des 2017 09:21 WIB
Tol Brebes Timur-Pemalang (Foto: dok. PT Waskita Toll Road)
Brebes - Pengelola jalan tol Pejagan-Pemalang akan menyiapkan 7 gerbang exit untuk menghadapi lonjakan arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru 2018. Selain itu juga akan disiapkan 30 ribu keping kartu perdana e-toll.

Pihak pengelola jalan tol Pejagan Brebes memprediksi akan ada peningkatan arus lalu lintas di jalan tol jelang libur Natal dan Tahun Baru 2018. Kepadatan akan terjadi di pintu tol Brebes Timur atau yang dikenal dengan Brexit.

Pasalnya, Brexit menjadi pintu tol keluar terakhir kendaraan dari arah Jakarta dan sekitarnya. Karena itu, pengelola Jalan Tol Kanci Pejagan Pemalang memprioritaskan kendaraan yang keluar dari tol atau dari arah Jakarta dan sekitarnya.

"Menghadapi lonjakan arus lalu lintas saat menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, kami menyiapkan 7 exit tol (gerbang kendaraan keluar tol) dan dua entrance (gerbang kendaraan masuk tol)," kata Wakil Kepala Cabang Operasional Tol Pejagan Pemalang, Ian Dwinanto, Senin (11/12/2017).

Berkaitan dengan penggunaan e-toll sebagai alat pembayaran, menurut Ian, akan muncul permasalahan baru. Pada hari biasa saja, kata dia, ditemukan sejumlah pengendara yang tidak mempunyai cukup saldo pada kartu elektroniknya itu. Mengatasi masalah ini, pengelola jalan tol sudah menyiapkan sistem isi ulang tunai yang disediakan di gardu tol.

"Kalau pengguna jalan tidak memiliki saldo yang cukup, bisa melakukan pengisian ulang di gardu dengan dibantu petugas gerbang tol," jelasnya.

Pengisian saldo bisa dilakukan dengan dua cara pembayaran, yaitu dengan uang tunai dan debit saldo dari kartu ATM. Kemudian, untuk pengendara yang masuk ke tol melalui Brebes Timur dan belum memiliki kartu elektronik, bisa membelinya dari petugas.

Pihaknya menyiapkan kartu elektronik perdana berjumlah 20-30 ribu kartu yang diterbitkan empat bank yang termasuk Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni BNI, BRI, Mandiri, dan BTN, serta satu bank swasta yakni BCA.

"Kami sudah meminta bank secara paralel untuk meminta keterseidaan kartu perdana. Sudah kami layangkan surat dan minggu ini sudah dikirim 250 perdana. Pengadaan ini bertahap karena mereka butuh waktu cetak," ungkapnya.

Saat libur Natal dan Tahun Baru 2018 ini, pengelola jalan tol Pejagan-Pemalang mengasumsikan ada kenaikkan volume kendaraan sebanyak 15 hingga 20 persen dibanding hari biasa rata rata 11 ribu kendaraan.

"Diharapkan para pengguna jalan mendukung program tersebut, agar tidak mengalami kesulitan ketika akan masuk ke jalan tol," tandasnya. (mbr/mbr)