Jokowi akan Tengok Korban Bencana di Wonogiri

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 08 Des 2017 14:04 WIB
Joko Widodo (Foto: Dok)
Solo - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meninjau lokasi bencana di Kabupaten Wonogiri. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari peninjauan lokasi bencana di Gunungkidul dan Pacitan.

Seperti diketahui, Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu daerah yang terdampak Siklon Cempaka pada 28 November 2017 lalu. Sejumlah daerah mengalami tanah longsor dan banjir. Jokowi akan meninjau ke lokasi pada Minggu (10/12) mendatang.

Rencana kehadiran presiden disampaikan oleh Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel (Inf) Widi Prasetijono, usai memimpin apel pengamanan presiden di Gelora Manahan Solo, Jumat (8/12/2017).

"Ini apel untuk pengamanan presiden yang rencananya akan meninjau lokasi longsor di Wonogiri. Presiden juga akan meninjau lokasi pengungsian," kata Widi.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, masih terdapat 2.584 jiwa yang masih mengungsi. Mereka berada di delapan titik pengungsian.

"Sekarang masih ada 2.584 warga yang mengungsi. Karena rumah mereka roboh terkena longsor," kata Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, melalui telepon.

Adapun akibat bencana tersebut, terdapat 123 kelurahan/desa di 23 kecamatan yang terdampak.

Usai meninjau bencana di Wonogiri, rencananya Jokowi berlanjut meninjau bencana di Kabupaten Pacitan. (mbr/mbr)