DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 23:09 WIB

Menteri Susi Syukuran Tenggelamkan Kapal Asing di Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
Menteri Susi Syukuran Tenggelamkan Kapal Asing di Rembang Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Rembang. Kunjungantersebut dalam rangka membuka kegiatan pagelaran seni dan budaya di Kota Rembang.

Susi menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Alun-alun Kota Rembang dengan dalang Ki Enthus Susmono. Lakon yang dibawakan adalah Pandawa Layar.

Dalam sambutannya, Menteri Susi mengaku acara tersebut digelar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, dalam rangka tasyakuran berhasilnya pemerintah mengusir para kapal asing yang selama bertahun-tahun mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia.

"Acara ini digelar sebagai rasa syukur atas berdaulatnya laut Indonesia. Karena ribuan kapal asing yang sudah selama tahunan mencuri ikan di wilayah NKRI, sekarang sudah pergi," ucap Susi di hadapan para pejabat lingkup provinsi dan kabupaten, serta para nelayan Rembang.

Ia menyebutkan, di masa kepemimpinan Presidrn Joko Widodo, perairan wilayah NKRI menjadi prioritas utama penggarapan. Terbukti seluruh satuan yang ada termasuk instansi, saling bersinergi membangun dan menjaga laut Indonesia.

Terlebih juga telah dibentuk satuan tugas (satgas) 115 yang bertugas melindungi kedaulatan Indonesia. Termasuk mengusir keluar kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

"Telah dibuatkan Satgas 115 oleh Presiden Jokowi. Dimana selain saya menjadi menteri KP, juga diamanahi sebagai komandan satgas 115," paparnya.

"Kita ingin memberikan suguhan kepada para nelayan Rembang agar lebih memahami laut, ikan dan bahari melalui pagelaran seni dan budaya berupa wayang kulit yang dibawakan Ki Enthus," lanjut Susi,
Menteri Susi didampingi Gubernur Jawa TengahMenteri Susi didampingi Gubernur Jawa Tengah Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Dalam kunjungannya ke Rembang, Menteri Susi mendarat menggunakan helikopter sekitar pukul 17.00 WIB bersama dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Kedatangannya langsung disambut Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Selanjutnya rombongan langsung menuju kediaman Gus Mus, di kompleks Pondok Pesantren Raudlatul Thalibin, Leteh, Rembang. Setelah itu rombongan baru menuju Alun-alun Kota Rembang.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed