DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 19:59 WIB

Kerugian Bencana Dampak Siklon Cempaka di Gunungkidul Capai Rp 100 M

Usman Hadi - detikNews
Kerugian Bencana Dampak Siklon Cempaka di Gunungkidul Capai Rp 100 M Jembatan Bunder Gunungkidul yang sempat ditutup 17 jam akibat banjir. Foto: Usman Hadi
Gunungkidul - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul menaksir kerugian akibat dampak siklon tropis cempaka di Gunungkidul mencapai Rp 100 miliar. Kerugian ini sudah mencangkup ratusan rumah warga yang rusak.

"Kerugian akibat bencana mulai dari infrastruktur jalan, jembatan dan rumah rusak yang ditaksir sampai Rp 100 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul, Eddy Praptono saat dihubungi wartawan, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, kerugian Rp 100 miliar ini belum termasuk perekonomian warga yang rusak dan terganggu. Bila dijumlah dengan perekonomian warga yang terimbas banjir dan longsor, diprediksi nominal kerugiannya lebih dari 100 miliar.

"Untuk saat ini pemerintah masih akan fokus memperbaiki dan melakukan optimalisasi sarana dan prasarana umum. Agar jalan-jalan tidak lagi terputus dan aktivitas masyarakat normal kembali," jelasnya.

Akibat banjir dan longsor yang melanda wilayah Gunungkidul sejak Selasa (28/11/2017), setidaknya ada 11 jembatan, sembilan jalan dan 202 rumah warga rusak. Kerusakan ini terjadi hampir merata di sejumlah wilayah di Gunungkidul.

Untuk memperbaiki kerusakan infrastruktur ini, kata Eddy, pihaknya akan mengupayakan skema sharing APBD Gunungkidul, APBD Pemda DIY dan APBN.

Sementara Kepala Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Suhadi menambahkan, akibat banjir dan longsor beberapa waktu lalu sekitar 1.552 warganya terpaksa harus mengungsi. Tak hanya itu, puluhan rumah warga di Semanu dilaporkan rusak.

"Di wilayah kami ada 80 rumah rumah yang rusak, tetapi yang parah ada 11 unit yang perlu perbaikan karena sudah tidak bisa dihuni lagi. Untuk para pengungsi saat ini sudah pada balik ke rumah masing-masing," tutup dia.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed