6 Menteri Alumni UGM akan Gabung Pawai 7 Ribu Peserta di Yogya

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 05 Des 2017 20:33 WIB
Keterangan pers dari Kagama. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Nitilaku Perguruan Kebangsaan (NPK) ke-6 dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UGM ke-68 dirancang berlangsung meriah. 7 ribu orang direncanakan mengikuti pawai budaya, juga akan diikuti 6 menteri kabinet kerja alumni UGM.

"Ada sekitar 7 ribu orang yang akan mengikuti NPK 2017," kata Rektor UGM, Panut Mulyono, dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Selasa (5/12/2017).

Menurutnya, tujuan digelarnya NPK 2017 ini salah satunya untuk melihat ulang perjalanan UGM. Berdirinya UGM, kata Panut, tidak bisa dilepaskan dari peran penting Raja Keraton Ngayogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

"Pada awal berdirinya UGM melaksanakan kegiatan belajar mengajar di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta. Kemudian saat Kampus Bulaksumur dibangun kegiatan belajar mengajar dipindah," jelasnya.

Ketua Pengurus Pusat Keluarga Alumni UGM (KAGAMA), Ganjar Pranowo, menambahkan NPK 2017 rencananya akan digelar tanggal 17 Desember 2017.

"Nitilaku adalah pawai budaya sebagai simbolisasi sejarah UGM yang berawal dari Keraton Ngayogyakarta," ucap Ganjar.

Pawai budaya ini rencananya akan mengambil rute dari Pagelaran Keraton Ngayogyakarta sampai Balairung atau Gedung Pusat UGM. Rute ini akan melalui 20 panggung persatuan, sebagai representasi 18 fakultas dan 2 sekolah di UGM.

Selanjutnya rombongan pawai budaya akan berkumpul di Lapangan Pancasila atau lapangan depan Graha Sabha Pramana UGM. Di lapangan ini rencananya ada lima Panggung Pancasila dan akan ditampilkan berbagai kesenian dari seluruh Indonesia. (mbr/mbr)