detikNews
Senin 04 Desember 2017, 15:38 WIB

Sultan HB X Minta 2 Minggu Bersih-Bersih Sungai dan Sekolah

Edzan Raharjo - detikNews
Sultan HB X Minta 2 Minggu Bersih-Bersih Sungai dan Sekolah Foto: Bagus Kurniawan
Yogyakarta - Banjir yang melanda sejumlah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa hari lalu sudah surut. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di sungai, sekolah-sekolah selama 2 minggu ini.

"Sekarang ini tanggap darurat, saya minta untuk membersihkan, karena semua kayu, bambu temangsang (tersangkut) di jembatan, semua saya suruh bersihkan, sekolah-sekolah dibersihkan," kata Sri Sultan HB X di kantor Gubernur DIY, di Kepatihan, jalan Malioboro, Yogyakarta, Senin (3/12/2017).

Menurutnya jika kayu -kayu atau bambu-bambu yang mengenai jembatan ini tidak dibersihkan dikhawatirkan jika terjadi hujan lagi, jembatan bisa rusak atau bahkan hanyut. Apalagi pada bulan Januari diprediksi curah hujan akan meningkat maka jembatan harus bersih dari sampah yang menutup.
bambu tersangkut di bawah jembatan di Kali Opak, Bantulbambu tersangkut di bawah jembatan di Kali Opak, Bantul Foto: Bagus Kurniawan/detikcom

"Makanya dua Minggu ini harapan saya bersih-bersih. Harapan saya jembatan tidak terutup, kalau tertutup airnya bisa kemana-kemana," katanya.

Untuk jumlah kerugian, Sultan HB X mengatakan belum ada hitungan secara total. Sementara untuk perbaikan infrastruktur yang rusak hal itu nanti setelah semuanya bersih. Apalagi jika masih hujan perbaikan juga belum bisa dilakukan.

Sultan menegaskan yang penting saat ini adalah melakukan pembersihan lebih dulu. Pemda DIY masih memiliki dana tak terduga Rp 14,7 M yang dinilai masih cukup. Kabupaten/kota nanti bisa mengajukan ke propinsi untuk perbaikan.

"Pokoknya dibersihkan dulu daripada nanti disusul hujan deras lagi, rontok maneh, bambu masuk lagi, hancur semua," pungkas Sultan HB X.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com