DetikNews
Senin 04 Desember 2017, 13:39 WIB

Sempat Terisolir, Warga Sriharjo Bantul Dibuatkan Jembatan Darurat

Usman Hadi - detikNews
Sempat Terisolir, Warga Sriharjo Bantul Dibuatkan Jembatan Darurat Jembatan sementara yang dibangun relawan dan warga. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Bantul - Warga Dusun Wunut, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Bantul mulai berbenah pasca diterjang banjir. Sejumlah RT yang sebelumnya terisolasi kini telah terhubung dengan wilayah lain setelah dibangunkan jembatan darurat.

Sebelumnya wilayah RT 04, RT 05 dan RT 06 di Dusun Wunut terisolasi akibat jalan desa terputus diterjang banjir Kali Oya, Selasa (28/11. "Jembatan sementara saja," kata Kadus Wunut, Sugiyatno, Senin (4/12/2017).

Menurutnya, dengan dibangunnya jembatan sementara ini distribusi logistik ke korban banjir di RT 04, RT 05 dan RT 06 Dusun Wunut kembali lancar. Aktivitas warga juga mulai kembali normal. Aliran listrik juga sudah mulai masuk Sabtu sore lalu.

"Akibat banjir di Dusun Wunut paling tidak ada 52 rumah terendam banjir. Kalau rumah roboh tidak ada, tetapi ada 15 rumah rusak berat. Untuk kandang ternak ada empat yang hanyut," jelasnya.

Walaupun banyak rumah rusak, Sugiyatno bersyukur tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir ini. Namun setelah banjir, kata Sugiyatno, banyak warga yang mengeluh sakit. "Kalau gatal-gatal, batuk dan pusing banyak. Kemarin Jumat ada petugas PMI Bantul yang membuka posko kesehatan," ungkapnya.

"Kemudian warga yang sakit karena kena paku, beling ada puluhan. Kalau ibu hamil setelah banjir tidak ada keluhan, balita cuma susah tidur," lanjutnya.
(mbr/mbr)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed