Cerita Puluhan Warga Sleman Gropyokan Buaya Muara

ADVERTISEMENT

Cerita Puluhan Warga Sleman Gropyokan Buaya Muara

Ristu Hanafi - detikNews
Jumat, 01 Des 2017 14:10 WIB
Buaya muara ditangkap di Kecamatan Godean, Sleman. Foto: Ristu Hanafi
Sleman - Seekor buaya sepanjang 2 meter yang menggemparkan warga Dusun Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Goden, Sleman akhirnya ditangkap. Dibutuhkan sekitar 60 orang dalam operasi gropyokan pencarian buaya muara ini.

"Tadi pagi operasi gropyokan dimulai," kata Kepala Dukuh Kwagon, Sukiman, ditemui detikcom, Jumat (1/12/2017).

Gropyokan langsung menuju tempuran Kali Soko, berjarak sekitar 700 meter dari Dusun Kwagon. Berdasar kesaksian seorang warga yang mengetahui jejak buaya di sekitaran tempuran berkedalaman sekitar 3 meter tersebut.

"Tim relawan menyelam ke dalam palung, dilihat buaya di dasar palung. Lalu coba ditangkap pakai pelampung dan tali, buayanya sempat melawan," papar salah seorang relawan Paku Wojo Desa Sidorejo, Pramono.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk mengamankan buaya berjenis muara tersebut. Setelah kaki dan mulutnya diikat, buaya lantas dibawa ke rumah kepala dukuh Kwagon sambil menunggu kedatangan tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta.

Menurut penuturan Pramono, buaya ini awalnya diketahui seorang warga setahun yang lalu, di sebuah rawa bekas galian tanah, di sisi utara Dusun Kwagon berjarak sekitar 1 km. Waktu itu warga berniat memancing ikan.

"Dia melihat saat itu ukuran buaya masih kecil, lalu pada Selasa kemarin pas hujan deras, ada selokan yang banjir dan buaya itu kembali muncul di dekat dusun, sudah besar ukurannya," jelasnya. (sip/sip)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT