DetikNews
Kamis 30 November 2017, 17:05 WIB

Indahnya Jembatan Gantung Soka Bantul Sebelum Jebol Diterjang Banjir

Edzan Raharjo - detikNews
Indahnya Jembatan Gantung Soka Bantul Sebelum Jebol Diterjang Banjir Suasana di jembatan Soka Bantul sebelum jebol diterjang banjir. Foto: Edzan Raharjo
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Bantul - Jembatan gantung Soka di kecamatan Pundong Bantul hilang terseret derasnya banjir sungai Opak. Sebelumnya, jembatan tersebut sering dijadikan sebagai tempat selfi bahkan telah diresmikan sebagai lokasi wisata selfie.

Jembatan gantung tersebut saat masih utuh cukup bagus dan indah. Latar belakang pegunungan dan matahari tenggelam menjadikan jembatan ini menarik untuk menjadi tempat berwisata.

Warga sekitar berharap jembatan tersebut menjadi daya tarik wisata yang bisa berdampak pada ekonomi masyarakat. Tetapi jembatan gantung itu kini sudah habis, harapan warga untuk menjadikan tempat wisata punah.

"Itu jembatan untuk wisata, baru dicanangkan oleh Bupati sebagai tempat wisata selfie. Beberapa minggu lalu barusan," kata warga, Parman (35), Kamis (30/11/2017).

Pada saat libur, banyak warga yang datang untuk berfoto-foto. Dengan banyaknya pengunjung, warga yang berjualan di sekitar lokasi ikut mendapat keuntungan.

"Kalau dibangun lagi nggak tau, mungkin nggak," katanya.

Jembatan gantung Soka hanyut pada Selasa (28/11) lalu saat banjir besar. Jembatan selain dihantam air juga dihantam kayu-kayu yang terbawa derasnya air.

"Sore pas hujan itu, terus air besar ada kayu-kayu itu menabrak jembatan," kata warga lainya, Sutini (28).

Jembatan gantung Soka memang sudah tidak difungsikan sebagai penyeberangan. Karena di sebelah baratnya sudah dibangun jembatan besar yang bisa dilintasi motor dan mobil. Semenjak jembatan yang besar difungksikan jembatan gantung tidak lagi untuk penyeberangan dan kemudian dimanfaatkan untuk wisata.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed