DetikNews
Kamis 30 November 2017, 16:18 WIB

Bencana Cuaca Ekstrem, Kapolda DIY Tetapkan Status Siaga I

Ristu Hanafi - detikNews
Bencana Cuaca Ekstrem, Kapolda DIY Tetapkan Status Siaga I Evakuasi korban talud longsor di Jlagran Kota Yogyakarta.Foto: Ristu Hanafi/detikcom
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Bantul - Kapolda DIY Brigjend Ahmad Dofiri menetapkan status siaga I terkait dampak bencana cuaca ekstrem imbas siklon tropis Cempaka. Seluruh personel kepolisian DIY diperintahkan aktif membantu penanganan bencana dan pengamanan titik lokasi bencana dari tindak kejahatan.

"Seluruh personel dari polsek hingga polda dalam status siaga I, berlaku sepekan ke depan," kata Ahmad Dofiri, kepada wartawan di sela penyaluran bantuan di Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul, Kamis (30/11/2017).

Menurutnya, status siaga I menyesuaikan prediksi BMKG bahwa cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi selama sepekan ke depan. Selain itu juga menindaklanjuti keputusan Gubernur DIY yang menetapkan status siaga darurat bencana.

Khusus wilayah Bantul, diakuinya ia telah memerintahkan Satuan Brimob untuk membantu membuka akses jalan yang tertutup material longsor di desa Sriharjo. Jalan tersebut tertutup longsoran batu dari tebing setinggi 100 meter.

Selain itu, wilayah yang menjadi fokus bantuan penanganan jajaran kepolisian adalah Desa Selopamioro. Akses jalan dua dusun di desa tersebut hingga kini juga masih tertutup material longsor.

"Di Sriharjo, satu-satunya akses jalan sulit diakses kendaraan. Saat ini baru bisa dilalui satu motor itu," jelas Ahmad.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed