ADVERTISEMENT

Banjir di Bantul Akibatkan Rumah Roboh Hingga Jalan Rusak

Bagus Kurniawan - detikNews
Kamis, 30 Nov 2017 16:18 WIB
Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Bantul - Banjir yang terjadi di Kabupaten Bantul, DIY selama dua hari terkahir ini telah mengakibatkan berbagai kerusakan. Banjir akibat siklon tropis Cempaka pada hari Selasa (28/11/2017) hingga Kamis (29/11/2017) mengakibatkan kerusakan seperti rumah warga dan sarana prasarana umum seperti jalan raya.

Berdasarkan pantauan detikcom di Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri, Bantul, kerusakan terparah di Dusun Ndogongan. Dusun ini terletak di sebelah barat di bantaran Sungai Oya yang berada di dekat Jembatan Siluk.
Aspal jalan rusak mengelupasAspal jalan rusak mengelupas Foto: Bagus Kurniawan/detikcom

Sumur kemasukan luapan air sungai hingga kotor dan tidak bisa dikonsumsi. Jalan raya Imogiri-Siluk-Panggang dan jalan dusun rusak. Aspal mengelupas dan timbunan lumpur memenuhi halaman rumah warga.

"Dusun ini terendam hingga 1 meter dan ada satu rumah warga (Sariyanto) yang ada di pinggir Sungai Oya hilang, hanyut terbawa arus," kata Sunaryadi warga Sriharjo kepada detikcom, Kamis (30/11/2017).
Tembok jebol dihantam airTembok jebol dihantam air Foto: Bagus Kurniawan/detikcom

Berbagai perabot rumah tangga seperti meja, kursi, kasur semua kotor terkena air lumpur. Di Dusun ini sedikitnya ada tiga rumah yang rusak. Satu rumah sudah roboh. Satu rumah tembok bagian belakang jebol dihantam derasnya air. Satu rumah lagi bagian pondasi air hingga hampir habis.

Selain Dusun Ndogongan, di Dusun Siluk Desa Selopamioro yang berada di timur Kali Oya juga banyak rumah warga yang kebanjiran. Rumah-rumah warga kemasukan air bercampur lumpur luapan Sungai Oya.
Lumpur setebal 25 cm menggenangi jalanLumpur setebal 25 cm menggenangi jalan Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
(sip/bgs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT