DetikNews
Kamis 30 November 2017, 14:37 WIB

2 Korban Longsor di Kulon Progo Ditemukan Dalam Kondisi Tewas

Ristu Hanafi - detikNews
2 Korban Longsor di Kulon Progo Ditemukan Dalam Kondisi Tewas Situasi lokasi longsor di Kulon Progo, DIY. Foto: Ristu Hanafi
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Kulon Progo - Lebih dari 12 jam dilakukan pencarian, dua warga tertimbun tanah longsor di Kulon Progo DIY berhasil dievakuasi. Keduanya ditemukan dalam kondisi tewas.

Longsor yang terjadi di Pedukuhan Ngroto, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo ini menimbuh Daladi (57) dan anaknya, Heri Siswadi (30).

"Ditemukan sekitar jam 09.00 WIB. Tertimbun material tanah dan puing-puing bangunan rumahnya," kata Kapolres Kulon Progo AKBP Irfan Rifai kepada wartawan, Kamis (30/11/2017).

Dijelaskan oleh Irfan yang memimpin operasi pencarian korban, tim evakuasi gabungan dari polisi, TNI, SAR, Tagana, MDMC, lebih dulu menemukan jasad Daladi. Tak berselang lama, jasad Heri ditemukan tak jauh dari lokasi ayahnya tersebut.

"Jasad korban dibawa dulu ke RS Bhayangkara, lalu diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan," jelasnya.

Musibah longsor yang menimpa rumah Daladi terjadi Rabu (29/11) dini hari. Dari empat penghuni rumah, dua orang berhasil selamat yakni istri Daladi, Sarpinah (58) dan anaknya, Nurhidayah (24). Longsor juga menerjang rumah di sebelahnya. Namun waktu kejadian kondisi rumah kosong karena penghuninya tengah berada di luar daerah.

Proses evakuasi sendiri telah dilakukan sejak Rabu pagi. Akibat besarnya volume longsor, tim evakuasi harus mengerahkan dua alat berat. Pihak kepolisian juga menurunkan dua ekor anjing pelacak. Karena faktor cuaca, pencarian dihentikan kemarin sore dan diteruskan pagi tadi.

"Anjing pelacak membantu membuka jalan, alat berat membantu menyingkirkan material, dan akhirnya korban bisa ditemukan," imbuhnya.

Pemerintah pun akan menanggung seluruh biaya pemakaman kedua korban. Termasuk memberi santunan kepada pihak keluarga.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed