Bupati Bantul Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 29 Nov 2017 07:48 WIB
Bupati Bantul, Suharsono. Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Bupati Bantul Suharsono telah menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana di wilayahnya. Peningkatan status ini diambil setelah bencana banjir, longsor, rumah roboh, pohon tumbang terjadi hampir di seluruh wilayah kabupaten ini.

"Bapak Bupati (Bantul) hari ini sudah menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Bantul, mulai tanggal 29 November sampai dengan 12 Desember," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto saat dihubungi detikcom, Rabu (29/11/2017).

Mulai hari ini, kata Dwi, pemkab dan BPBD Bantul akan berupaya menangani kerusakan infrastruktur akibat bencana tersebut. Saat ini pihaknya masih berupaya melakukan pendataan berbagai infrastruktur yang rusak.

"Nanti anggaran perbaikan akan kami usulkan," jelasnya.

Menurut Dwi, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Bantul, Selasa (28/11/2017), ada sekitar 167 titik bencana di seluruh Bantul. Akibatnya ribuan warga terpaksa harus dipindahkan ke tempat pengungsian.

"Mohon maaf, kami belum bisa memastikan (ada tidaknya korban meninggal). Karena kami masih mengkondisikan yang mengungsi. Tetapi yang jelas begini, proses pemulihan sampai hari ini masih kami lakukan," pungkas dia. (sip/sip)