Jalur Tertutup Longsor, KA di Stasiun Kutoarjo Terlambat 10 Jam

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 23 Nov 2017 12:23 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
purworejo - Longsor yang menutup jalur selatan di wilayah Daop 2 Bandung, Jawa Barat menyebabkan perjalanan kereta api yang melintasi jalur selatan dialihkan melalui jalur utara. Hal tersebut mengakibatkan kedatangan kereta dari arah barat menuju Stasiun Kutoarjo, Purworejo mengalami keterlambatan lebih dari 10 jam.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Kepala Stasiun Kutoarjo, Arief Kepada detikcom Arief mengatakan keterlambatan itu juga berlaku untuk kereta yang berangkat dari Kutoarjo menuju Bandung dan sekitarnya.
kedatangan KA di Stasiun Kutoarjo terlambat 10 jamkedatangan KA di Stasiun Kutoarjo terlambat 10 jam Foto: Rinto Heksantoro/detikcom


"Kereta Malabar dari Bandung ke Malang dijadwalkan berhenti di Kutoarjo pukul 23.05 wib tapi baru masuk pukul 10.41 wib. Keterlambatan itu juga terjadi pada kedatangan kereta yang lain. Hal itu terjadi karena adanya beberapa titik tanah longsor yang menutupi jalur selatan di wilayah Daop 2 Bandung," kata Arief, Kamis (23/11/2017).

Karena masih tertutup material longsor hingga saat ini, keberangkatan kereta dari stasiun Kutoarjo menuju Bandung, Jakarta dan sekitarnya akan dipecah jalurnya melalui stasiun Purwokerto - Cirebon - Cikampek - Bandung. Untuk penumpang dengan tujuan daerah selatan maka akan diturunkan di stasiun Purwokerto dan akan diantarkan menggunakan armada bus menuju daerah tujuan.

"Untuk tujuan Bandung dan sekitarnya yang seharusnya lewat Kroya terus Banjar tapi ini memutar lewat Purwokerto, Cirebon, Cikampek, Bandung dan sekitarnya. Untuk penumpang jurusan Banjar, Tasik Malaya dan sekitarnya akan diturunkan di stasiun Purwokerto dan diantarkan dengan bus," lanjutnya.

Longsoran sendiri terjadi pada Rabu (22/11/2017) malam di wilayah Daop 2 Bandung tepatnya diantara petak jalan Cipendeuy-Bumiwaluya km 233+0/8 mengakibatkan rintang jalan (rinja) yang berdampak terganggunya perjalanan KA baik dari arah hilir maupun udik.
Stasiun KA KutoarjoStasiun KA Kutoarjo Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Sementara itu Tria Rosidah (35) salah satu penumpang dari Bandung yang turun di stasiun Kutoarjo dengan menumpang kereta api Malabar mengaku mengalami keterlambatan sekitar 10 jam. Meskipun demikian ia memaklumi keterlambatan itu karena adanya tanah longsor yang menutup jalur selatan kereta api. Ia pun berharap material longsor dapat segera dibersihkan sehingga perjalanan kereta api tidak terganggu.

"Yah lama, terlambat sekitar 10 jam. Tapi ya gimana lagi kan emang ada longsor di daerah selatan Bandung jadi ya harus muter dan tambah lama. Semoga cepat dibersihkan jalurnya dan perjalanan kembali lancar," tuturnya. (bgs/bgs)