DetikNews
Senin 20 November 2017, 18:45 WIB

Satu Rumah Warga di Kebumen Ludes Dilalap Api

Rinto Heksantoro - detikNews
Satu Rumah Warga di Kebumen Ludes Dilalap Api Rumah warga di Kebumen ludes dilalap api. Foto: Rinto Heksantoro
Kebumen - Satu rumah milik warga di Kebumen, Jawa Tengah ludes dilalap si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Rumah berukuran 6 x 9 meter milik Darno (42), warga Dukuh Plesung, Desa Karangrejo, Kecamatan Petanahan terbakar pada Senin (20/11/2017) sore. Peristiwa ini terjadi ketika rumah ditinggal pergi oleh pemiliknya. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu karena rumah dalam keadaan kosong ketika api membakar habis rumah yang terbuat dari kayu dan bambu itu.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Saat kebakaran pemilik rumah sedang mencari ikan dan istrinya sedang mencari rumput, anak-anaknya 1 di Bandung dan 1 masih balita sedang bermain di luar rumah," kata Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Kebumen, Salam ketika dihubungi detikcom, Senin (20/11/2017) sore.

Kerugian diperkirakan mencapai Rp 70 juta. Salam melanjutkan musibah kebakaran itu pertama kali diketahui oleh Nursiyati (31) yang merupakan tetangga Darno. Saat itu Nursiyati melihat kepulan asap keluar dari bagian belakang rumah Darno dan semakin lama semakin besar.

"Kemudian Nursiyati berteriak minta tolong kepada tetangga. Karena api sudah mulai membesar ia pun meminta bantuan adiknya Dani muhammad (27) dan melaporkan ke Damkar Petanahan melalui telepon," lanjut Salam.

"10 menit kemudian Damkar Petanahan dan Kebumen sampai di lokasi,. Namun api telah terlanjur membakar habis rumah korban yang dindingnya terbuat dari seng dan bambu. Meskipun demikian, agar api tidak menjalar lebih luas lagi, petugas Damkar tetap menyemprotkan airnya untuk mendinginkan puing rumah agar tidak menyala kembali," imbuhnya.

Hingga api mulai padam, tidak ada satu barang milik korban yang bisa diselamatkan karena ludes terbakar tak tersisa. Penyebab kebakaran itu juga belum diketahui dengan pasti dan masih diselidiki oleh petugas.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed