DetikNews
Minggu 19 November 2017, 09:51 WIB

Ada yang Baru di Dieng, Merasakan Sensasi Mengayuh Kayak di Atas Awan

Uje Hartono - detikNews
Ada yang Baru di Dieng, Merasakan Sensasi Mengayuh Kayak di Atas Awan Mengayuh Kayak di Dataran Tinggi Dieng. Foto: Uje Hartono
Banjarnegara - Ada yang baru di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara. Saat ini, wisatawan dimanjakan dengan sensasi naik perahu kayak di telaga Merdada di Desa Karangtengah Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Jika biasanya mengayuh kayak di danau biasa, tapi salah satu potensi wisata baru di dataran tinggi Dieng ini mengajak wisatawan untuk menerobos kabut dengan menggunakan perahu kayak. Belum lagi, wisatawan juga dapat melihat lebih dekat burung belibis yang berada di tengah telaga.

Dengan menggunakan kayak, wisatawan dapat menjelajah sendiri atau berdua telaga terbesar di dataran tinggi Dieng itu. Hanya saja, tarifnya berbeda jika ingin mengayuh sendiri atu berdua.

Mengayuh Kayak di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara. Mengayuh Kayak di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara. Foto: Uje Hartono

Salah seorang pengelola Telaga Merdada Irhamto mengatakan, jika wisatawan ingin mengayuh sendirian, pengelola memasang tarif Rp 30 ribu untuk setengah jam. Namun, jika tidak berani maka bisa berdua Rp 50 ribu per setengah jam.

"Sensasi mengayuh kayak di Telaga Merdada baru dikelola. Di sini, wisatawan dapat melihat secara dekat burung belibis yang banyak di telaga Merdada," ujarnya, Minggu (19/11/2017).

Irhamto melanjutkan lokasi Telaga Merdada berada di Desa Karangtengah, yakni sekitar 4 kilometer ke arah barat Dieng. Untuk mencapainya bisa menggunakan kendaraan, sekitar 15 menit dari Dieng.

"Pemandangannya yang indah membuat telaga Merdada patut dikunjungi wisatawan," kata dia.

Wisatawan bisa melihat burung Belibis. Wisatawan bisa melihat burung Belibis. Foto: Uje Hartono

Meski terbilang baru, namun beberapa wisatawan sudah datang untuk mencicipi sensasi tersebut. Salah satunya adalah Rizki Perdana. Ia mengaku mengayuh kayak merupakan pengalaman pertama sehingga sempat takut sebelum naik perahu.

"Awalnya memang takut, tetapi setelah mengelilingi telaga rasanya tidak mau turun dari perahu," tuturnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed