DetikNews
Sabtu 18 November 2017, 20:33 WIB

Rektor ke-5 UNS Haris Mudjiman Tutup Usia

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rektor ke-5 UNS Haris Mudjiman Tutup Usia Foto: Istimewa/detik.com
Solo - Kabar duka menyelimuti Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mantan rektor Prof Haris Mudjiman tutup usia pada Sabtu (18/11/2017) sore.

Rektor ke-5 UNS itu menghembuskan napas terakhirnya di RSUD dr Moewardi pukul 14.30 WIB. Dia meninggal di usia 74 tahun.

Dikonfirmasi detikcom, Rektor UNS Ravik Karsidi mengatakan almarhum baru dirawat di rumah sakit pada Sabtu pagi.

"Beliau memang sakit, kalau istilah Jawanya gerah sepuh (sakit karena usia tua),," kata Ravik melalui telepon.

Bagi UNS, Haris ialah sosok yang bersejarah. Sebab, profesor dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) itu merupakan rektor pertama yang berasal dari internal UNS.

"Beliau rektor pertama yang berasal dari UNS sendiri. Empat rektor sebelumnya berasal dari luar," ujarnya.

Haris memperoleh gelar sarjananya di jurusan Geografi IKIP Yogyakarta pada 1967. Kemudian ia mendapat gelar Master of Arts di bidang Geografi dari University of Hawaii, Honolulu pada 1975.

Pendidikan terakhir yang ia tekuni ialah dalam bidang Higher Education di University of California, Barkeley hingga memperoleh gelar Ph.D pada 1981. Ia dikukuhkan sebagai guru besar FKIP UNS pada 1993 setelah mempresentasikan pidato pengukuhan yang berjudul 'Wajib Belajar 9 Tahun di Indonesia'.

Sedangkan di UNS, Haris memulai kariernya sebagai dosen sejak UNS berdiri pada 1976. Sebelum menjadi rektor, dia pernah menjabat sebagai Wakil Direktur UPT Pamong UNS, Wakil Kepala Puslitbangjari UNS dan Kepala Pusat Penelitian UNS.

"Saya pernah jadi sekretaris beliau saat di LPPM. Pernah juga mengajar bersama mata kuliah manajemen pelatihan di Pascasarjana UNS. Beliau baru pensiun 3 tahun lalu," tuturnya.

Almarhum Haris akan dimakamkan Minggu (19/11) pagi di Astana Buduran, Kecamatan Tanon, Sragen. Sebelumnya akan digelar upacara penghormatan oleh UNS di rumah duka, Mertodranan RT 01 RW 01, Pasar Kliwon, Solo.




(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed