DetikNews
Sabtu 18 November 2017, 01:54 WIB

Kapolri: Satu Polisi Tertembak Saat Membebaskan Sandera di Papua

Usman Hadi - detikNews
Kapolri: Satu Polisi Tertembak Saat Membebaskan Sandera di Papua Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - TNI dan Polri berhasil membebaskan ratusan sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Semua sandera selamat, cuma dalam operasi pembebasan ini satu anggota Polri tertembak kakinya.

"Dari anggota Polri ada satu anggota yang tertembak kakinya," kata Kapolri, Jenderal HM Tito Karnavian, seusai menghadiri Milad Muhammadiyah ke-105 di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jumat (17/11/2017) malam.

Tito menyampaikan, pihaknya sampai saat ini belum mengetahui apakah ada korban dari pihak KKB. Penyebabnya karena medan berupa hutan dan berbukit, sehingga menyulitkan pihaknya dalam menyisir lokasi.

"Tetapi ya sekali lagi saya pikir ini prestasi yang luar biasa, korban yang disandera bisa diselamatkan tanpa ada korban. Prinsip dasar pembebasan sandera itu bila sanderanya bisa diselamatkan tanpa ada korban," paparnya.

Untuk itu, Tito menyampaikan terimakasih kepada Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo dan seluruh pihak yang terlibat pembebasan sandera. Termasuk Freeport yang telah membantu menyediakan sarana dan prasarana dalam operasi pembebasan.

"Kami akan terus mengejar kelompok-kelompok ini. Kemudian kami harapkan yang sudah dievakuasi korban-korban ini, kami sampaikan jangan sampai kembali melakukan pendulangan liar di sana," jelasnya.

"Saya sudah berbicara dengan Mensesneg agar Ibu Menteri Sosial bisa membantu untuk menyalurkan (memindahkan) mereka kemana. Tetapi yang jelas tidak boleh, sebaiknya jangan kembali ke tempat itu. Kalau tidak ya nanti di sandera lagi," pungkas dia.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed