DetikNews
Rabu 15 November 2017, 15:10 WIB

Ketika 103 Motor Polisi di Brebes Disulap Jadi Perpustakaan

Imam Suripto - detikNews
Ketika 103 Motor Polisi di Brebes Disulap Jadi Perpustakaan Perpustakaan keliling milik polisi Brebes. Foto: Imam Suripto
Brebes - Sebanyak 103 unit motor polisi di Brebes disulap jadi perpustakaan keliling. Hal ini dilakukan demi meningkatkan minat baca masyarakat Brebes.

"Melalui kegiatan ini diharapkan kehadiran Bhabinkamtibmas, selain menjadi pendamping di masing-masing desa juga diharapkan bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga," kata Kapolres Brebes AKBP Sugiarto.

Hal ini disampaikan Sugiarto dalam acara peluncuran perpustakaan keliling di Polres Brebes Jalan Jenderal Sudirman, Brebes, Rabu (15/11/2017).

Perpustakaan keliling milik polisi Brebes. Perpustakaan keliling milik polisi Brebes. Foto: Imam Suripto
Perpustakaan keliling itu nantinya diemban oleh para Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Brebes.

Selain melakukan pembinaan di masing-masing desa, mereka juga diberi tugas tambahan sebagai petugas perpustakaan. Ini untuk membantu masyarakat desa dalam upaya mencerdaskan warga di wilayah binaannya. Dalam tugasnya itu, tiap anggota membawa berbagai buku pengetahuan yang dibutuhkan oleh warga khususnya para pelajar.

Diharapkan masyarakat yang tinggal jauh dari perpustakaan umum dapat memanfaatkan jasa yang diberikan oleh perpustakaan keliling Bhabinkamtibmas.

"Kegiatan ini juga untuk mendukung program belajar 12 tahun, serta minat baca untuk anak-anak dan gerakan kembali bersekolah yang tengah digelorakan Pemkab Brebes," imbuhnya.

Peluncuran 103 armada perpustakaan keliling ini mendapat apresiasi dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono. Selain membantu warga juga untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat.

"Saya bangga dengan Bhabinkamtibmas atas dedikasi dan loyalitas dalam membina masyarakat desa agar desa kondusif," ujar Condro.

Polisi Brebes menunjukkan koleksi buku di perpustakaan keliling miliknya. Polisi Brebes menunjukkan koleksi buku di perpustakaan keliling miliknya. Foto: Imam Suripto
Sambil patroli, kata Kapolda, anggota anggota polisi ini bisa mendatangi sekolah atau kelompok masyarakat untuk meminjamkan buku bacaan. Motor dinas Babinkamtibmas pun sekarang berubah. Motor mereka sekarang dilengkapi keranjang tempat buku buku pengetahuan.

Perpustakaan keliling Babinkamtibmas Polres Brebes meraih memecahkan rekor Muri sebagai sebagai armada perpustakaan keliling terbanyak. Piagam penghargaan rekor Muri nomor 8220/R.Muri/XI/2017 diserahkan oleh Menager Eksekutif Muri Indonesia, Sri Widayati kepada Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono dan Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto.
(sip/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed