DetikNews
Rabu 15 November 2017, 11:43 WIB

Ini Langkah SMPN 15 Yogya untuk Atasi Kesurupan Siswa-siswanya

Usman Hadi - detikNews
Ini Langkah SMPN 15 Yogya untuk Atasi Kesurupan Siswa-siswanya Suasana SMPN 15 Yogyakarta, Rabu (15/11/2017). Foto: Usman Hadi
Yogyakarta - Hampir selama dua pekan, kasus kesurupan kerap terjadi di SMP N 15 Kota Yogyakarta. Untuk mengatasi kasus ini pihak sekolah mengambil sejumlah langkah.

"Diruqyah sudah dari awal-awal dulu (peristiwa pertama, Jumat 3/11), itu salah satu saja. Kemudian ada pengajian bagi yang muslim," kata Wakil Kepala Sekolah Bagian Humas dan Sarpras SMP N 15 Kota Yogya, Heri Sumanto saat ditemui detikcom di kantornya, Rabu (14/11/2017).

Selain itu para guru di sekolah ini juga mengadakan khataman Alquran lalu juga mengintensifkan kegiatan tadarus bagi para siswa. Kemudian pihak sekolah juga mengefektifkan fungsi Bimbingan Konseling untuk mendampingi para siswa.

"Kan latar belakang anak macam-macam. Ada yang dari rumah punya masalah dibawa ke sekolah, banyak sekali faktor penyebabnya. Makanya anak-anak yang rentan terhadap masalah itu kami kumpulan, kami berikan layanan psikiater," sambungnya.

Heri melanjutkan, memang ada cerita-cerita irrasional yang mengiringi kasus kesurupan di SMP N 15 Yogya. Seperti pohon beringin di halaman depan sekolah yang dipangkas, sampai karena aktivitas renovasi bangunan sekolah.

"Membangun ruang bagian depan kalau istilahnya orang Jawa tanpa kulonuwun (permisi). Pembangunannya hanya rehab saja, termasuk membangun atap sama dicat, jadi tidak sampai dirobohkan (bangunannya)," pungkas dia.
(sip/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed