DetikNews
Senin 13 November 2017, 12:38 WIB

Tolak Larangan Jaring Cantrang, Nelayan Tegal Hadang Menteri Susi

Imam Suripto - detikNews
Tolak Larangan Jaring Cantrang, Nelayan Tegal Hadang Menteri Susi Aksi nelayan Kota Tegal menghadang Menteri Susi. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Tegal - Ratusan nelayan Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin (13/11/2017) siang menggelar aksi menjelang kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, ke Kompleks Pelabuhan Tegal. Dalam aksi demo ini, mereka tetap menegaskan akan menolak larangan jaring cantrang.

Rencana kedatangan Susi Pudjiastuti di Kota Tegal, dimanfaatkan oleh nelayan untuk menyampaikan aspirasinya. Mereka menggelar aksi demo di dekat lokasi kunjungan kerja menteri di kompleks Pelabuhan Jongor.

Berbagai spanduk dan poster dibentangkan dalam demo ini. Sementara beberapa tokoh nelayan, secara bergantian menyampaikan orasi. Mereka secara tegas menyatakan menolak rencana pemerintah yang melarang penggunaan jaring cantrang.

Tolak Laragan Jaring Cantrang, Nelayan Tegal Hadang Menteri SusiPoster yang dibawa nelayan. (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Riswanto, pengurus Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT), menyatakan demo ini bukan untuk menolak rencana kedatangan menteri Susi, melainkan untuk menegaskan bahwa nelayan Kota Tegal tetap menolak pelarangan jaring cantrang.

"Kami tidak akan melarang menteri datang ke sini. Cuma yang ingin kami sampaikan adalah, nelayan tetap menolak rencana pelarangan cantrang," ujar Riswanto.

Demo ini, menurut dia, untuk memberi pesan kepada Menteri Susi bahwa nelayan Tegal tidak akan tinggal diam terhadap rencana pemerintah tersebut.

"Kalau kami tidak demo, nanti dikira nelayan Tegal diam dan menerima rencana pemerintah itu," tegas Riswanto.

Sejauh ini Menteri Susi belum tiba di lokasi. Untuk mengamankan acara kunjungan Susi, Polresta Tegal melakukan langkah pengamanan di lokasi. Selain menerjunkan ratusan petugas, polisi juga memasang kawat berduri.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed