Calon Penumpang KA di Kutoarjo Hening Cipta di Hari Pahlawan

Rinto Heksantoro - detikNews
Jumat, 10 Nov 2017 09:50 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Calon penumpang kereta api (KA) di stasiun Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar hening cipta dalam rangkat memperingati Hari Pahlawan. Seluruh karyawan PT KAI pun ikut menundukkan kepala.

Sebelumnya, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh warga Indonesia untul melakukan hening cipta serentak selama 60 detik. Berdiam sejenak itu akan dilakukan pada hari ini mulai 08.15 WIB untuk memperingati Hari Pahlawan.

Ajakan tersebut rupanya disambut baik oleh warga, termasuk calon penumpang dan seluruh karyawan PT KAI di Stasiun Kutoarjo. Dengan diiring lagu mengheningkan cipta, ratusan kepala tertunduk sebagai bentuk rasa hormat kepada para pahlawan bangasa yang telah gugur.
Seluruh karyawan di Stasiun KA Kutoarjo hening ciptaSeluruh karyawan di Stasiun KA Kutoarjo hening cipta Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Salah satu calon penumpang tujuan Bandung Jawa Barat, Puspito Catur Wahyuni (48), yang ikut mengheningkan cipta sambil berdiri dengan tas di punggungnya mengaku terharu. Ia sendiri berharap para penerus bangsa bisa mengisi kemerdekaan dengan baik dan benar.

"Ya tahu, sekarang kan hari Pahlawan. Tadi juga ada yang mengomando dari pihak PT KAI terus kami bersama-sama mengheningkan cipta. Saya berharap para penerus bangsa bisa Melanjutkan perjuangam dengan bekerja keras. Sekarang bahkan rasa nasionalisme sudah mulai hilang, jadi harus ditumbuhkan kembali," katanya kepada detikcom, Jumat (10/11/2017).
Hening cipta sejenak untuk para pahlawan IndonesiaHening cipta sejenak untuk para pahlawan Indonesia Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Hal senada juga diutarakan oleh Suyati (49), warga Bale Endah, Bandung Jawa Barat yang hendak pulang menggunakan kereta api.

"Barusan mengheningkan cipta karena ini Hari Pahlawan, dari dulu saya malah belum pernah hening cipta kayak gini di tempat umum, biasanya kan pas sekolah saja. Saya berharap biar Indonesia bisa lebih maju dan enak dalam segala hal, seperti kerjaan, ekonomi dan keamanan," tuturnya.

(bgs/bgs)