DetikNews
Kamis 02 November 2017, 12:48 WIB

Polisi Tangkap Pembunuh Kasir Rumah Makan di Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikNews
Polisi Tangkap Pembunuh Kasir Rumah Makan di Boyolali Polres Boyolali gelar jumpa pers penangkapan pembunuh kasir. Foto: Ragil Ajiyanto
Boyolali - Pelaku pembunuh kasir rumah makan Dapoer Kalimi, di jalan Pandanaran, Boyolali, Siti Munawarotun alias Mumun (17). Polisi terpaksa menembak kaki tersangka karena berusaha kabur.

Tersangka bernama Novan Setya Pradana (24) warga Dukuh Sragendok RT 17/06 Desa Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. Novan selama ini berdomisili di Desa Winong, Kecamatan Boyolali Kota.

"Tersangka berhasil ditangkap di terminal (bus) Boyolali," ujar Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi, Kamis (2/11/2017).

Novan diringkus pada Rabu (1/11) sore oleh anggota Satuan Reskrim Polres Boyolali. Polisi terpaksa melumpuhkan tersangka dengan timah panas, karena berusaha kabur saat ditangkap. Tersangka ditembak pada kaki kanannya di dua tempat, setelah peringatan petugas tak dihiraukan.

Kapolres Aries Andhi mengungkapkan, ungkap kasus tersebut dari hasil penyelidikan, pengumpulan bukti-bukti, keterangan saksi-saksi hingga pantauan CCTV di sepanjang jalan Pandanaran.

"Dari barang bukti yag disita, seperti pisau, sisa uang dan handphone (HP), semua identik dan mengkait dengan peristiwa itu," kata Aries Andhi.

Motif dari pembunuhan tersebut, yakni pencurian dengan kekerasan (Curas) atau perampokan.

Tersangka beraksi sendirian sekitar pukul 02.30 WIB. Dia dengan mudah masuk ke rumah makan seafood dan chinese food, karena pintu depan tidak dikunci.

"Saat melakukan pencurian didengar oleh korban yang tidur di dalam rumah makan itu. Karena ketahuan, tersangka panik dan menganiaya korban," jelasnya.

Pertama, tersangka menggorok leher korban menggunakan pisau dapur. Namun korban tidak langsung meninggal dan mengikuti tersangka.

Kemudian ditusuk lagi. Saat tersangka keluar dari rumah makan tersebut, korban masih mengikutinya dan akhirnya jatuh tersungkur bersimbah darah di depan rumah makan.

"Pisau yang digunakan merupakan pisau dapur yang diambil tersangka di rumah makan tersebut," imbuh Aries.

Dalam kasus tersebut, petugas menyita sejumlah barang bukti antara lain pisau dapur yang digunakan untuk membunuh korban, satu unit HP, sepeda motor dan sisa uang hasil mencuri di rumah makan itu. Saat ini tersangka sudah ditahan di Mapolres Boyolali untuk penyidikan lebih lanjut.

Seperti diberitakan, Siti Munawarotun ditemukan tewas bersimbah darah di depan rumah makan Dapoer Kalimi, jalan Pandanaran, Boyolali Sabtu (28/10) pagi. Ada luka sobek di leher kiri dan luka tusuk di pundak kiri.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed