Bikin Gatal, Pengunjung Pantai Wates Rembang Dilarang Main Air Laut

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 01 Nov 2017 14:26 WIB
Pantai Wates Rembang yang hitam. Foto: Arif Syaefudin
Rembang - Pantai Wates di Rembang Jawa Tengah kini kondisinya hitam, berlumpur, bau busuk dan membuat gatal. Kepala Desa Tasikharjo Kecamatan Kaliori, Sutono mengimbau pengunjung tak menyentuh air laut di sana.

"Utamanya pengunjung anak kecil, biasanya mereka main air. Kita imbau agar tidak bermain air karena menurut kami bisa berbahaya. Kaki yang kena air itu, kalau tidak segera dicuci dengan air sabun bisa terasa gatal," ujar Sutono, Rabu (1/11/2017).

Air laut di Pantai Wates Rembang hitam dan bau busuk. Air laut di Pantai Wates Rembang hitam dan bau busuk. Foto: Arif Syaefudin
Berdasarkan pantauan, Rabu (1/11/2017) kondisi air laut berwarna hitam pekat. Selain itu bau busuk menyengat seperti got, juga tercium di sekitar lokasi. Bibir pantai juga berlumpur hitam, dengan ketinggian sekitar 15 cm.

Jika diukur dari bibir pantai, warna hitam akibat endapan lumpur tersebut terjadi sampai sekitar 50 meter ke tengah laut. Warga menduga kondisi ini akibat tercemar limbah.


Sutono menduga hal yang sama. Namun dia tak berani menyimpulkan dan menyampaikan siapa yang harus bertanggungjawab atas kondisi ini.

Saat ditanya soal solusi dan penanganan pencemaran ini, Sutono mengaku hanya bisa menunggu tindak lanjut dari pemerintah Kabupaten Rembang.

"Kita mau bagaimana sudah tidak bisa. Cuma bisa berharap ada tindak lanjut segera dari Pemerintah Kabupaten agar bisa segera disterilisasi dan menghentikan pencemaran itu," kata Sutono. (sip/sip)