Pemkot Surakarta Siapkan 50 Becak Antar Tamu Pernikahan Kahiyang

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 01 Nov 2017 09:41 WIB
(Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menyiapkan 50 becak untuk mengantarkan para tamu undangan pernikahan putri presiden, Kahiyang Ayu. Becak-becak tersebut akan mengangkut tamu dari lokasi parkir hingga lokasi pernikahan di gedung Graha Saba Buana.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan becak turut diajak tampil sebagai ikon Solo. Mengingat akan banyak tamu dari luar kota.

"Kami sudah usulkan ke pihak keluarga agar tetap ada becak. Karena mungkin banyak tamu luar kota yang belum pernah naik becak," kata Rudy di Balai Kota Surakarta, Rabu (1/11/2017) pagi.

Meski terdapat tiga lokasi parkir, para sopir becak hanya bertugas di dua titik, yaitu di lapangan Sumber dan lapangan Banyuanyar. Sedangkan dari lokasi parkir di Stadion Manahan dianggap terlalu jauh jika menggunakan becak.

Pemkot akan melakukan cek kesehatan kepada pengemudi becak yang bertugas untuk mengantisipasi kejadian dua tahun lalu tak terulang lagi. Saat itu salah satu pengemudi becak meninggal mendadak ketika bertugas mengantar tamu pernikahan putra sulung presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Hari Prihatno, mengatakan cek kesehatan dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta. Pengecekan dilakukan dua kali.

"Yang pertama kita lakukan hari ini, lalu nanti pas hari H juga dicek lagi, kita antisipasi jangan sampai sakit," kata Hari.

Dia menjelaskan, sopir becak akan bertugas pada pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB. Mereka hanya bertugas mendampingi bus yang merupakan alat transportasi utama.

"Tugasnya jam 10.00 sampai jam 13.00, itu pun tidak ful. Mungkin kita batasi saja agar tidak terlalu capai, karena kan juga ada bus," ujarnya.

Sebelumnya pihak keluarga mengatakan tidak akan menggunakan transportasi becak untuk mengangkut para tamu. Selain faktor cuaca, penggunaan bus dianggap lebih efektif karena memiliki kapasitas penumpang lebih banyak.

"Kali ini enggak ada becak, biar lebih efektif aja. Sudah sering hujan juga," kata juru bicara keluarga Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, Rabu (18/10) lalu. (mbr/mbr)