DetikNews
Selasa 31 Oktober 2017, 11:31 WIB

Selasa Wage, PKL Malioboro Kembali Libur Berjualan

Edzan Raharjo - detikNews
Selasa Wage, PKL Malioboro Kembali Libur Berjualan Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Setiap hari pasaran Selasa Wage atau tiap 35 hari sekali, ribuan pedagang kaki lima (PKL) tidak berjualan di sepanjang kawasan Malioboro, Yogyakarta. Mereka libur dan melakukan kerja bakti di kawasan Malioboro.

Hari ini adalah Selasa, Wage, (31/10/2017), mereka melakukan kerja bakti di Malioboro untuk yang kedua kalinya. PKL Malioboro baik di sisi barat dan timur hingga dekat Pasar Beringharjo semua kerja bakti. Ada yang menyapu trotoar, mengumpulkan sampah yang terselip di sekitar jalur pedestrian dan menyiram jalur pedestrian dengan air.

Lorong-lorong di sisi barat tampak sepi dan longgar. Tidak ada tumpukan lapak dan meja milik pedagang. Di jalur lambat untuk sepeda, becak dan andong juga tampak sepi. Namun toko-toko tetap buka seperti biasa.
Lorong di Malioboro sepi dan longgarLorong di Malioboro sepi dan longgar Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Para pejalan kaki dan wisatawan nampak leluasa berjalan-jalan di jalur pedestrian. "Antusiasme kegiatan yang kedua ini tetap tinggi, tetap semangat. Bahkan sekarang juga dilakukan pengecatan," kata Ketua Paguyuban PKL lesehan Malioboro, Sukidi di jalan Malioboro Yogyakarta, Selasa (31/10/2017).

Selain kerja bakti bersih-bersih kata dia, pada hari Selasa Wage yang kedua ini juga ada pengecatan dinding-dinding. Total PKL di sepanjang Malioboro jumlahnya mencapai 2 ribuan.

"Libur PKL Malioboro saat adalah untuk yang kedua kalinya. Sesuai rencana, kami berharap untuk terus berkelanjutan," katanya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed