detikNews
Sabtu 28 Oktober 2017, 11:51 WIB

Ganjar Basah Kuyup Pimpin Upacara Sumpah Pemuda di Cilacap

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Ganjar Basah Kuyup Pimpin Upacara Sumpah Pemuda di Cilacap Foto: Istimewa/detik.com
cilacap - Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke 89 tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Hujan deras sejak pagi mengguyur wilayah tersebut. Namun tidak menyurutkan para pemuda untuk melaksanakan upacara, termasuk inspektur upacara yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Hujan sudah mengguyur kabupaten paling ujung barat Jawa Tengah itu sejak sebelum upacara digelar. Upacara tersebut digelar di Alun-alun Kabupaten Cilacap.

Sekitar pukul 08.00 WIB, rombongan Ganjar tiba di Pendapa Bupati Cilacap dan hujan masih terus mengguyur. Karena kondisi cuaca tersebut, protokoler sudah menyiapkan tempat di pendapa tersebut.

"Bagian protokoler sudah menyiapkan mic sampai layout di pendapa karena hujannya sangat deras," kata Kabag Humas Setda Provinsi Jateng, Lilik Henry, Sabtu (28/10/2017).

Ternyata Ganjar justru meminta agar upacara tetap digelar di Alun-alun meski hujan masih deras. Mendengar komando, ribuan peserta upacara langsung menyiapkan diri di alun-alun tidak terkecuali para pejabat yang awalnya berada di tenda kehormatan.
Upacara peringatan hari sumpah pemuda di CilacapUpacara peringatan hari sumpah pemuda di Cilacap Foto: Istimewa/detik.com

Meski hujan, upacara berlangsung khidmat diikuti ribuan pemuda. Para peserta mendengarkan dengan cermat ketika Ganjar membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga. Di akhir sambutan, Ganjar memberikan semangat kepada para peserta upacara yang basah kuyup.

"Pemuda Indoinesia tidak akan gentar hanya karena hujan!" kata Ganjar yang hari ini juga berulang tahun.

Upacara pun terus berlanjut dan hujan memperlihatkan tanda-tanda reda ketika pembacaan doa. Usai upacara, masih dalam keadaan basah, Ganjar menyerahkan penghargaan, bantuan, dan beasiswa kepada pelajar, pemuda, dan masyarakat.

Selesai upacara, ada tari kolosal yang dipersembahkan. Seluruh peserta upacara pun menikmatinya meski baju mereka basah kuyup.
(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed