DetikNews
Minggu 22 Oktober 2017, 21:03 WIB

Hari Santri Nasional

Tuna Netra di Usia 3 Tahun, Zainal Hapal Quran Sejak Kanak-kanak

Rinto Heksantoro - detikNews
Tuna Netra di Usia 3 Tahun, Zainal Hapal Quran Sejak Kanak-kanak KHM Zainal Abidin (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo - Diambil penglihatannya sejak usia 3 tahun, namun Muhammad Zainal Abidin diganjar keistimewaan lain sebagai penghapal Quran semenjak kanak-kanak. Kini dia memimpin sebuah pesantren khusus penghapal Quran di Purworejo.

Di usia 3 tahun dia mengalami sakit cacar. Setelah diberi obat dari Puskemas, Zainal justru mengalami kebutaan. Namun dari keterbatasan itu, justru dia bisa menghapal Al-Quran hanya dari mendengar bacaan guru ngaji. Baru setelah lama hapal Quran, di usia 17 tahun Zainal belajar membaca Quran berhuruf braile.

"Karena tidak bisa melihat, saya belajar menghafal dengan cara mendengar. Alhamdulillah Allah memberikan anugerah itu. Sejak umur berapa hapalnya, saya lupa," kata Zainal saat ditemui, Minggu (22/10/2017).

Untuk semakin memastikan hapalannya, Zainal sempat mendatangi sejumlah penghapal Quran di berbagai daerah. Berbagai pesantrem telah didatanginya untuk mendapatkan pengesahan hapalan itu dari para penghapal Qurnan.

 Tuna Netra di Usia 3 Tahun, Zainal Hapal Quran Sejak Kanak-kanakPara santri di Ponpes Hidayatul Quran. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

Sejak 2006 lalu, lelaki 50 tahun itu mendirikan Pesantren Hidayatul Quran di Desa Semawung Daleman, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pesantren itu khusus untuk para santri yang ingin menjadi penghapal Quran.

Saat ini perluasan ruangan sedang dilakukan agar daya tampung santri semakin bertambah. Selain iytu juga karena kegiatan di pesantren tak hanya internal santri, namun juga sering diadakan pengajian umum dan kegiatan lain yang diikuti warga masyarakat umum.

 Tuna Netra di Usia 3 Tahun, Zainal Hapal Quran Sejak Kanak-kanakBangunan Ponpes Hidayatul Quran. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

Nur Rohmat (25), asal Mojo Rayung, Wungu, Madiun, adalah salah satu santri pesantren tersebut. Selama 3 tahun menimba ilmu, kini Rohmat sudah bisa hapal Quran. Bahkan, ia sekarang menjadi salah satu pengajar di pesantren itu. "Alhamdulillah bulan Ramadhan kemarin saya sudah diwisuda lulus hafalan Al-Quran," kata dia.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed