DetikNews
Jumat 20 Oktober 2017, 18:27 WIB

Rawan, Bukit Bintang di Bantul Harus Dilengkapi Jalur Evakuasi

Usman Hadi - detikNews
Rawan, Bukit Bintang di Bantul Harus Dilengkapi Jalur Evakuasi Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Kawasan wisata Bukit Bintang di Hargodumilah, Kecamatan Piyungan, Bantul, membutuhkan jalur evakuasi. Karena kawasan ini rawan terjadi bencana alam, terutama longsor akibat gempa bumi.

"Ya kami menyarankan untuk membuat jalur evakuasi, kita kan enggak tahu kapan akan terjadi (bencana)," kata Dosen Teknik Geologi UGM, Wahyu Wilopo kepada wartawan di Fakultas Teknik UGM, Jumat (20/10/2017).

Menurutnya, jalur evakuasi menjadi penting karena Bukit Bintang adalah lokasi wisata. Bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam di sana, dengan adanya jalur evakuasi diharapkan bisa meminimalisir munculnya korban jiwa.

"Bagi orang yang baru pertama kali ke sana, kalau ada apa-apa mau lari ke mana kan enggak tahu. Jika ada jalur evakuasi memudahkan mereka, kalau ada apa-apa nanti mereka tahu mau menyelamatkan diri ke mana," terangnya.

Wahyu melanjutkan, meski Bukit Bintang berada di daerah rawan bencana, bukan berarti pihaknya melarang masyarakat beraktifitas di bukit tersebut. Namun warga setempat dan wisatawan harus tetap waspada terhadap ancaman longsor.

"Kalau sudah paham pasti warga akan melakukan mitigasi. (Misalnya) nanti kalau ada tanda-tanda (mau longsor) mau mengungsi. Kalau tidak, dengan sadar warga harus mau membuat sistem lereng yang kuat terhadap longsor," ucapnya.

Sementara itu Guru Besar Teknik Geologi UGM, Prof Ir Dwikorita Karnawati, PhD menambahkan pihaknya tak menyangkal bila kawasan Wisata Bukit Bintang termasuk daerah rawan bencana. Ancamannya utamanya adalah longsor akibat gempa bumi .

"Bukit Bintang sampai ke timur itu tipe batuannya keras, berlapis. Kondisi kerawanannya (longsor) itu berbeda, bukan karena hujan tetapi karena gempa. Tetapi tetap sama-sama bahayanya, sehingga perlu ada mitigasi," pungkasnya.


(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed