DetikNews
Jumat 20 Oktober 2017, 17:40 WIB

3 Tahun Jokowi-JK, Mahfud MD: Lulus, Nilainya di Atas 55

Edzan Raharjo - detikNews
3 Tahun Jokowi-JK, Mahfud MD: Lulus, Nilainya di Atas 55 Mahfud MD (Foto: Lamhot Aritonang)
Yogyakarta - Pemerintahan Joko Widodo - Jussuf Kalla genap berusia 3 tahun. Pakar hukum Mahfud MD, menilai Joko Widodo masih belum mampu melepas sumbatan saluran penegakan hukum. Namun dia menilai Jokowi-JK lulus, dengan nilai di atas 55.

"Terutama dalam penegakan hukum kita masih menghadapi problem, terutama dalam menghadapi korupsi-korupsi besar. Mampetnya saluran penegakan hukum itu belum bisa dipompa oleh Pak Jokowi agar bisa lancar," kata Mahfud MD di Yogyakarta, Jumat (20/10/2017).

Mahfud mennyadari bahwa penegakan hukum dalam kasus seperti itu bukan hal yang mudah karena yang dihadapi bisa kawan bisa lawan, yang juga berkepentingan untuk menghambat proses penegakan hukum.

Dia berharap, pada tahun keempat nanti, Jokowi bisa lebih tegas dalam proses penegakan hukum. Sekalipun pembangunan bidang ekonomi dan infrastruktur mendapat catatan baik, namun pelaksanaan penegakan hukum adalah prestasi yang sangat ditunggu dari sebuah pemerintahan.

Lebih lanjut, Mahfud MD mengatakan secara objektif ada catatan positif maupun negatif dari pemerintah Jokowi-JK selama 3 tahun menyelenggarakan negara. Secara umum, jika menggunakan cara ukur penilaian layaknya guru menilai muridnya, Mahfud memberikan nilai cukup baik.

"Saya kira sudah cukup baik karena di atas 55, prestasinya turun naiknya di atas 50, artinya cukup baik, lulus ya. Tetapi ada kekuranganya ia, misalnya dalam penegakan hukum," kata Mahfud MD.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed