DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 17:41 WIB

Pemda DIY Gelar Open House Mangayubagyo Pelantikan Gubernur

Edzan - detikNews
Pemda DIY Gelar Open House Mangayubagyo Pelantikan Gubernur Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Pemda DIY menggelar open house untuk mangayubagyo pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY 2017-2022.

Acara open house dan Kenduri Ageng akan digelar pada hari Jumat (20/10/2017) mulai pukul 08.00-11.00 WIB di Bangsal Kepatihan, Kantor Gubernur DIY di jl Malioboro.

Berbagai persiapan tampak sudah dilakukan sejak hari ini Kamis (19/10/2017) diantaranya tenda yang sudah didirikan, bangsal kepatihan juga telah dipasang karpet dan hiasan.

Masyarakat dipersilahakan menghadiri open house dan akan langsung bertemu dengam Sri Sultan HB X dan Sri Paduka Pakualam X. Ribuan makanan tradisional telah disiapkan untuk masyarakat yang hadir. Open house dimulai pada pukil 8.00 WIB-11.00 WIB.

Kepala Bagian Humas Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Amiarsi Harnawi mengatakan acara Kenduri Ageng dan open house ini terbuka untuk umum untuk semua kalangan masyarakat. Masyarakat dapat secara langsung menyampaikan ucapan selamat dilantiknya Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Periode 2017 - 2022.

"Ada 3.000 porsi berbagai makanan dan minuman telah disiapkan. Selain itu ada juga 10 buah tumpeng, yang nantinya untuk masyarakat," kata Amiarsi Harnawi di komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Menurutnya 10 tumpeng itu terdiri dari lima macam tumpeng yaitu Tumpeng Sangga Buwana, Tumpeng Kendhit, Tumpeng Robyong, Tumpeng Urubing Damar dan Tumpeng Punar. "DoĆ” akan dipimpin oleh Mas Riyo Haji Ngabdul Juwari dari Kraton Yogyakarta," katanya.
Bangsal Kepatihan Kantor Gubernur DIYBangsal Kepatihan Kantor Gubernur DIY Foto: Edzan Raharjo/detikcom


Selain acara open house dan kenduri ageng juga digelar serangkaian kegiatan lainnya dalam beberapa hari kedepan. Lokasi acara dilaksanakan di kabupaten/kota di DIY. Pada hari Sabtu (21/10/2017) beberapa acara di Gunungkidul, Kulonprogo, dan Bantul.

Dia menambahkan pada tanggal 21 Oktober, malam hari diadakan open house dengan tokoh-tokoh masyarakat di Bangsal Kepatihan. Pada tanggal 22 Oktober diadakan gelar budaya rakyat di Pagelaran Keraton Yogyakarta dengan menampilkan kesenian dari kabupaten/ kota di DIY.

"Tanggal 24 Oktober digelar doa bersama lintas agama di Sasono Hinggil Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta. Pada tanggal 25 Oktober akan digelar acara pertunjukan kesenian di Puro Pakualaman Yogyakarta," katanya.
(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed