DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 16:19 WIB

BPBD Kebumen Siapkan Tiga Perahu Karet untuk Evakuasi Warga

Rinto Heksantoro - detikNews
BPBD Kebumen Siapkan Tiga Perahu Karet untuk Evakuasi Warga Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, mengerahkan tiga perahu karet untuk mengevakuasi para korban banjir yang membutuhkan bantuan. Sebelum ada perahu karet BPBD, warga melakukan evakuasi atau penyelamatan diri dengan papan yang diikatkan pada ban bekas truk.

"Kami telah kerahkan tiga buah perahu dan puluhan relawan untuk membantu evakuasi korban banjir di Desa Roworejo ini," kata Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kebumen Muhyidin, kepada detikcom, Selasa (17/10/2017).

Muhyidin menjelaskan, relawan tidak hanya ditempatkan di Desa Roworejo, Kecamatan Kebumen, tetapi juga di berbagai tempat untuk memantau kondisi lapangan. Selain mengerahkan perahu karet, Pemkab Kebumen juga telah membagikan bantuan logistik makanan untuk korban banjir di Roworejo.

Damar (29), salah satu warga Dusun Kaliwaluh, Desa Roworejo, Kecamatan Kebumen mengatakan, Sungai Kedungbener meluap ke permukiman penduduk sejak pukul 03.00 WIB. Ketinggian air di rumahnya bisa mencapai 1 meter dan memaksa dia mengungsi bersama keluarganya.
Warga lansai dievakuasiWarga lansai dievakuasi Foto: Rinto Heksantoro/detikcom


"Ketinggian air sekitar 1 meter mas, ini mau ngungsi ke Buluspesantren di rumah simbah," katanya disela-sela evakuasi anak dan istrinya.

Sementara itu, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad mengatakan, selain Desa Roworejo, banjir juga menerjang Desa Jatisari, Sumberadi, Wonosari, Surotrunan, Sawangan, dan Seliling. Bagi masyarakat yang sakit akan dievakuasi ke rumah sakit. Sementara warga yang tidak sakit diungsikan ke rumah warga yang tidak terkena banjir.

"Kami juga telah siapkan nasi bungkus untuk warga. Selain itu kami telah menghubungi Balai Besar Serayu Opak untuk segera memperbaiki tanggul sungai Kedung Bener yang jebol. Semoga setelah surut segera bisa diperbaiki," katanya.


(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed