detikNews
Senin 16 Oktober 2017, 14:41 WIB

Sri Sultan HB X Sampaikan Panca Mulia Saat Pidato Pertama

Edzan Raharjo - detikNews
Sri Sultan HB X Sampaikan Panca Mulia Saat Pidato Pertama Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan pidato pertamanya di DPRD DIY pasca dilantik sebagai Gubernur DIY periode 2017-2022. Pidato pertamanya Sultan menyampaikan Panca Mulia.

Sultan pidato dalam sidang paripurna istimewa DPRD DIY. Sultan HB X hadir bersama wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X. Rapat paripurna istimewa dihadiri seluruh anggota DPRD DIY dan tamu undangan seperti anggota Forkopimda DIY. Sidang dipimpin Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana didampingi wakil ketua lainnya.

Dalam pidatonya, Sri Sultan HB X menyampaikan visi 5 tahun ke depan untuk membangun DIY. Sultan menyampaikan visi untuk 5 lima tahun ke depan yakni "Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja".

"Kemuliaan martabat manusia Jogja menyandang misi Lima Kemuliaan atau Pancamulia," kata Sultan.

Menurutnya tema visi dan misi tersebut selanjutnya akan menjadi pedoman dalam penyusunan program pembangunan lima tahun ke depan, melalui dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam pidatonya Sultan menjelaskan secara lebih terperinci terkait dengan perumusan arah pembangunan lima tahun ke depan dalam kerangka pelaksanaan Panca Mulia termasuk mengenai upaya dan program akan dilakukan.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com