DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 17:16 WIB

KPU Brebes Temukan Banyak Keanggotaan Ganda Partai Nasdem

Imam Suripto - detikNews
KPU Brebes Temukan Banyak Keanggotaan Ganda Partai Nasdem DPD Partai Nasdem Brebes saat mendaftar di KPU. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Jateng, menolak berkas pendaftaran Partai Nasdem karena ditemukan keanggotaan ganda dalam jumlah banyak. Pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Brebes diminta melakukan perbaikan berkas persyaratan pendaftaran.

Daftar nama keanggotaan ganda ini ditemukan saat sejumlah pengurus DPD Partai Nasdem Brebes mendatangi kantor KPU Brebes, Jumat (13/10/2017). Mereka datang untuk melakukan pendaftaran sebagai calon peserta pemilu 2019.

Saat melakukan pemeriksaan berkas berkas adminstrasi persyaratan pendaftaran, petugas menemukan kejanggalan. Petugas pemeriksaan menemukan banyak nama ganda anggota Partai Nasdem Kabupaten Brebes.

"KPUD terpaksa mengembalikan berkas dari Nasdem. Kami temukan banyak nama anggota ganda. Biar kami berikan kesempatan agar perbaikkan," ujar anggota KPU Kabupaten Brebes, Masykuri.

KPU siap menerima berkas kembali jika Partai Nasdem memiliki berkas yang sama dan sesuai dengan sipol (sistem informasi partai politik) KPU Pusat. Data salinan nama dan KTA yang diajukan harus sesuai dengan yang ada di dalam sipol.

KPU memberikan tenggat waktu hingga tanggal 16 Oktober 2017. "Untuk parpol yang akan menjadi calon peserta pemilu 2019 harus menyerahkan jumlah keanggotaan sekurang-kurangnya 1.000 orang," paparnya.

Wakil Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Brebes, Slamet Dhofir, menyebut pihaknya sudah melakukan input data secara teliti. Adanya nama keanggotaan ganda menurutnya karena ada sistem yang error. "Sepertinya ada yang error saat input data ke pengurus pusat," dalihnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed